Perbedaan Jaringan dan Jejaring Puskesmas Berdasarkan Permenkes 75 Tahun 2014

Struktur puskesmas yang dicantumkan pada Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 75 Tahun 2014 dikenal dengan jaringan dan jejaring puskesmas. Kedua jenis layanan tersebut memiliki perbedaan, namun masih ada sebagian diantara kita yang masih belum mengetahuinya.

Oleh karena itu, melalui kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang perbedaan keduanya sebagaimana yang tercantum pada pasal 40 PMK Nomor 75 tahun 2014.

Puskesmas
Puskesmas

Pada pasal tersebut disebutkan sebagai berikut:

Ayat (1) : Dalam rangka meningkatkan aksesibilitas pelayanan, Puskesmas didukung oleh jaringan pelayanan Puskesmas dan jejaring fasilitas pelayanan kesehatan.

Ayat (2) : Jaringan pelayanan Puskesmas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas Puskesmas pembantu, Puskesmas keliling, dan bidan desa.

Ayat (3) : Jejaring fasilitas pelayanan kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas klinik, rumah sakit, apotek, laboratorium, dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

Perbedaan Jaringan dan Jejaring Puskesmas

Dari pasal tersebut dapat kita lihat beberapa perbedaan sebagai berikut:

Jaringan

  • Fasilitas pelayanan terdiri dari Puskesmas Pembantu, Puskesmas Keliling, dan Bidan Desa.
  • Pengelolaan pelayanan, sarana prasarana dan ketenagaan masih merupakan bagian dari kewenangan puskesmas.
  • Hubungan kerja dalam bentuk vertikal, artinya bahwa jaringan puskesmas bertanggungjawab kepada kepala puskesmas.

Jejaring

  • Fasilitas pelayanan terdiri dari Klinik, Rumah Sakit, Apotek, Laboratorium, dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Lainnya.
  • Pengelolaan pelayanan, sarana prasarana dan ketenagaan bukan bagian dari kewenangan puskesmas.
  • Hubungan kerja dalam bentuk horizontal, artinya jejaring puskesmas melakukan hubungan kemitraan dengan puskesmas sehingga di puskesmas harus ada pengelola yang bertanggungjawab atas kemitraan tersebut.
  • Demikianlah yang dapat kami bagikan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Silakan bagikan tulisan ini, mungkin akan bermanfaat untuk teman-teman yang lainnya.