Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prinsip Dasar dan Landasan Menggalang Kemitraan Bidang Kesehatan

Menggalang kemitraan bidang kesehatan tentunya memiliki prinsip dasar dan landasan yang kuat sehingga dapat mencapai tujuan pembangunan kesehatan yang dilaksanakan. Untuk itu, harus dipahami secara bersama dilaksanakan secara baik dan benar.

Memahami prinsip dasar dan landasan kemitraan perlu bagi siapa saja, karena bisa jadi kita saat ini adalah sasaran atau calon mitra dalam pencapaian suatu program pembangunan kesehatan dan kita siap untuk berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang sehat.

Prinsip Dasar Kemitraan

Kesetaraan

Setiap mitra harus menempatkan diri setara dengan pihak lain.

Pengambilan keputusan dilakukan secara demokratis, mengutamakan musyawarah dan mufakat dalam menyelesaikan masalah secara bersama, tanpa ada satu pihak pun yang memaksakan kehendak.

Kesetaraan kedudukan juga akan memperkuat rasa kebersamaan, sehingga tercipta perasaan sama-sama bertanggungjawab dan sama-sama menanggung risiko, termasuk menghadapi tantangan yang mungkin terjadi.

Keterbukaan

Melakukan kegiatan kemitraan secara terbuka dan bertindak proaktif untuk membahas kemajuan dan permasalahan yang ada. Selain itu setiap kesepakatan yang telah dibuat dapat diimplementasikan secara transparan, jujur, dan tidak saling merahasiakan.

Saling Menguntungkan

Setiap mitra mempunyai tujuan dan kepentingan yang sama dalam melaksanakan upaya pembangunan kesehatan akan mendapatkan keuntungan dan manfaat.

Landasan Menggalang Kemitraan

Adapun yang menjadi landasan dalam menggalang kemitraan adalah sebagai berikut:

Landasan Kemitraan


  1. Saling memahami kedudukan, tugas, fungsi dan struktur masing-masing.
  2. Saling memahami kemampuan.
  3. Saling menghubungi.
  4. Saling mendekati.
  5. Saling bersedia membantu dan dibantu.
  6. Saling mendorong dan mendukung.
  7. Sinergi.
  8. Saling menghargai.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga dapat bermanfaat. Bila ada materi yang ingin dibahas silakan sampaikan melalui komentar di bawah. Kami akan muat pada ulasan berikutnya. Terima kasih.


Sumber:
Panduan Menggalang Kemitraan Bidang Kesehatan
Direktorat Promosi Kesehatan Dan Pemberdayaan Masyarakat
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Tahun 2019

Posting Komentar untuk "Prinsip Dasar dan Landasan Menggalang Kemitraan Bidang Kesehatan"