Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Menggalang Kemitraan Bidang Kesheatan

Keberhasilan pembangunan bidang kesehatan tidak terlepas dari kerja sama dan dukungan berbagai pelaku pembangunan yang berasal dari lintas sektor, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan institusi pendidikan, baik yang ada di pusat maupun daerah. Penggalangan kemitraan di bidang kesehatan merupakan salah satu strategi promosi kesehatan yang dilakukan untuk melibatkan seluruh 

komponen masyarakat dalam pembangunan kesehatan. Di sisi lain, keberhasilan suatu kerjasama sangat bergantung pada komitmen yang diberikan oleh pihak yang bermitra. Kerjasama ini diarahkan untuk menghasilkan sinergi dari upaya yang berkelanjutan untuk mendukung program-program kesehatan demi mewujudkan masyarakat yang berperilaku sehat.

Pentinggnya Menggalang Kemitraan

Penggalangan Kemitraan dengan berbagai pihak potensial diperlukan untuk:

  1. Membangun solidaritas, kekompakan, keselarasan kerjasama serta berbagi peran dan tanggung jawab dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan.
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan sumberdaya yang ada dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan.
  3. Meningkatnya tanggung jawab sektor terkait dalam pembangunan kesehatan, khususnya yang bersifat promotif dan preventif.
  4. Penyelenggaraan pembangunan kesehatan dapat dilaksanakan secara optimal.

Latar Belakang

Dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia maka pembangunan kesehatan diprioritaskan untuk penanggualangan berbagai permasalahan kesehatan di Indonesia, antara lain masih tingginya kasus kematian ibu dan neonatus, rendahnya status gizi balita dan kasus kesakitan dan kematian akibat penyakit menular maupun penyakit tidak menular.

Masalah ini juga diperberat dengan terjadinya perubahan perilaku masyarakat yang tidak sehat sehingga mengakibatkan perubahan pola penyakit yang umumnya menjangkiti masyarakat dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular.

Sesuai dengan tujuan pembangunan kesehatan yaitu untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai investasi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Keberhasilan pencapaian pembangunan kesehatan bukan hanya ditentukan oleh upaya sektor kesehatan, namun juga dipengaruhi oleh upaya dan kontribusi positif berbagai sektor pembangunan lainnya, termasuk sektor swasta dan masyarakat.

Dasar Hukum

Adapun dasar hukum penggalangan kemitraan bidang kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Undang-Undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, pasal 74 ayat (1).
  2. Undang-Undang Republik Indonesia No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, pasal 9, pasal 50 , pasal 170.
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas, pasal 4 ayat (1).
  4. Peraturan Presiden RI No. 72 tahun 2012 tentang SKN Pasal 6, Pelaksanaan SKN sebagaimana dimaksud ayat (1) harus memperhatikan kemitraan dan kerjasama Lintas Sektor.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No, 28 Tahun 2018 tentang Kerjasama Daerah.
  6. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 74 Tahun 2015 tentang Upaya Peningkatan Kesehatan dan Pencegahan Penyakit Pasal 16.
  7. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 8 Tahun 2019 tentang Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan.

Tujuan Kemitraan Bidang Kesehatan

Tujuan Umum

Meningkatkan status kesehatan masyarakat dan daya tanggap pemangku kepentingan terhadap lingkungan dan masyarakat.

Tujuan Khusus

  1. Terbinanya kepedulian dan motivasi para pemangku kepentingan terhadap tercapainya sasaran strategis pembangunan kesehatan. 
  2. Terciptanya kesamaan pemahaman dalam bermitra diantara pemangku kepentingan.
  3. Meningkatnya sumberdaya dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan.
  4. Terselenggaranya upaya kesehatan di lingkungan kerja dan masyarakat.

Arti dan Pentingnya Kemitraan

Kemitraan adalah kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk mencapai tujuan bersama, dimana masing-masing pihak memiliki hak dan tanggung jawab sesuai dengan kesepakatan.

Alasan pentingnya kemitraan di bidang kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Pembangunan kesehatan merupakan tanggung jawab bersama.
  • Kesehatan merupakan modal dasar bagi keberhasilan pembangunan sektor lain.
  • Peningkatan kepedulian terhadaplingkungan dan masyarakat dalam bidang kesehatan, khususnya yang bersifat promotif dan preventif.
  • Adanya peluang sumber daya dari mitra potensial.

Sumber:
Panduan Menggalang Kemitraan Bidang Kesehatan
Direktorat Promosi Kesehatan Dan Pemberdayaan Masyarakat
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Tahun 2019

Posting Komentar untuk "Pentingnya Menggalang Kemitraan Bidang Kesheatan"