16 Pertanyaan Seputar Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/08/07

Inisiasi Menyusu Dini (IMD)
Inisiasi Menyusu Dini (IMD)
Sebagaimana yang telah kami ungkapkan pada postingan kami sebelumnya bahwa Inisiasi Menyusu Dini (IMD) merupakan hal yang perlu di lakukan terhadap bayi baru lahir. Namun tidak dipungkiri bahwa masih terdapat banyak hal yang masih menjadi tanda tanya bagi sebagian besar orang tentang IMD itu sendiri. Berikut ini kami berikan 16 Pertanyaan Seputar Inisiasi Menyusu Dini (IMD) yang sering muncul di masyarakat serta jawabannya:

Pertanyaan 1:


Apakah setelah persalinan, ibu merasa terlalu lelah untuk menyusui?
Jawaban: Hampir semua ibu yang baru bersalin mampu menyusui bayinya segera setelah lahir, kecuali dalam situasi darurat. Justru, memeluk dan menyusui bayi dapat menghilangkan rasa sakit dan lelah ibu.

Pertanyaan 2:


Apakah bayi baru lahir dapat menyusu sendiri?
Jawaban: Bayi memiliki naluri kuat untuk mencari puting dalam satu jam pertama setelah dia dilahirkan di dunia. Sebagian besar bayi mampu menyusu apabila diberi kesempatan IMD yang benar.

Pertanyaan 3:


Apa gunanya menusui bayi sejak kelahirannya?
Jawaban: Menyusui segera setelah kelahirannya merupakan hal yang sangat penting. Di awal kelahiran, ASI mengandung kolostrum. Kolostrum ini adalah cairan yang kaya dengan zat kekebalan tubuh dan zat penting lain yang harus dimiliki bayi. Selain itu, bayi yang langsung menyusu akan merangsang ASI lebih cepat keluar.

Pertanyaan 4:


Perlukah bayi dibungkus dan dihangatkan di bawah lampu selama 2 jam setelah lahir?
Jawaban: Kehangatan terbaik bagi bayi diperoleh melalui kontak kulit bayi ke kulit ibu, karena kehangatan tubuh ibu dapat menyeluaikan dengan kebutuhan bayi. Kontak kulit bayi ke kulit ibu, membantu ASI semakin cepat keluar.

Pertanyaan 5:


Perlukah bayi di bedong ketika baru lahir?
Jawaban: Tidak perlu. Bayi akan mendapatkan kehangatan melalui kontak kulit dengan ibu. Kalau perlu, bayi bisa diberi topi, lalu ibu bersama bayi diselimuti. Bedong justru akan menghalangi kehangatan bayi dari kulit ibu.

Pertanyaan 6:


Bila ibut harus dijahit, apakah bayi perlu segera dipisah dari ibunya?
Jawaban: Tidak perlu dipisah. Sementara dijahit, ibu tetap dapat melaksanakan IMD.

Pertanyaan 7:


Bayi perlu diberi suntikan vitamin K dan tetes mata segera setelah lahir, bagaimana dengan IMD?
Jawaban: Benar, bayi perlu diberi vitamin K dan tetes mata. Tapi itu dapat ditunda dalam 1 jam. Dalam waktu 1 jam pertama, sebaiknya dilakukan IMD terlebih dahulu.

Pertanyaan 8:


Apakah bayi perlu segera dimandikan setelah lahir?
Jawaban: Memandikan bayi sebaiknya ditunda hingga 6 jam agar tidak membuat bayi kedinginan.

Pertanyaan 9:


Apakah bayi harus ditimbang dan diukur langsung setelah lahir? Bagaimana dengan IMD?
Jawaban: Lakukanlah IMD terlebih dahulu. Karena IMD lebih penting bagi bayi dan ibu. Menunda penimbangan sampai 1 jam tidak akan mengubah berat dan tinggi bayi.

Pertanyaan 10:


Bagaimana proses IMD pada ibu yang melahirkan dengan operasi caesar?
Jawaban: Setelah bayi lahir dan dibersihkan, proses IMD dapat dilaksanakan sampai proses operasi selesai. IMD tidak mengharuskan duduk. Bayi dapat menyusu dengan cara tengkurap di dada ibu.

Pertanyaan 11:


Apakah ibu dengan persalinan normal perlu menggunakan obat penekan rasa sakit?
Jawaban: Tidak perlu. Penggunaan obat penekan rasa sakit pada ibu justru menghambat upaya bayi mencari payudara iu sehingga sulit melakukan IMD.

Pertanyaan 12:


Bagaimana bila ASI pada hari-hari pertama/kolostrum yang keluar sangat sedikit, sehingga bayi lapar dan menangis?
Jawaban: ASI yang dihasilkan pada hari-hari pertama memang sedikit jumlahnya, tapi itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi. Lambung bayi ketika lahir hanya dapat diisi sebanyak 5-7 ml (1 - 2 sendok teh).

Pertanyaan 13:


Bila bayi menangis, apakah itu tandanya dia merasa lapar?
Jawaban: Bayi menangis bisa diakibatkan karena beberapa hal, seperti merasa tidak nyaman, merasa sakit dan sebagainya. Jadi, bayi belum tentu lapar. Sampai enam bulan, ASI cukup menjadi satu-satunya makanan bayi.

Pertanyaan 14:


Perlukah bayi diberi makanan atau minuman lain bila menangis karena lapar?
Jawaban: Jika bayi lapar, susui lagi. Berikan ASI sesering mungkin, sudah cukup. Selama enam bulan ibu tidak perlu memberikan makanan lain selain ASI.

Pertanyaan 15:


Ada yang mengatakan kolostrum/ASI pertama adalah susu basi/kotor. Benarkah?
Jawaban: Sungguh keliru. Kolostrum/ASI pertama yang keluar adalah cairan yang sangat kaya dengan zat kekebalan tubuh dan zat penting lain yang harus didapat bayi. Zat inilah yang dicoba ditiru/dibuat oleh pabrik susu.

Pertanyaan 16:


Perlukah makanan Prelaktal (makanan yang diberikan sebelum ASI mulai diberikan) bagi bayi?
Jawaban: Bayi tidak memerlukan cairan lain selain ASI. Cairan lain justru meningkatkan risiko infeksi dan menurunkan keberhasilan ASI eksklusif.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga dapat bermanfaat. Tulisan ini dikutip dari buku saku yang diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan RI Direktorat Bina Gizi Tahun 2014 yang berjudul: Materi Penyuluhan Inisiasi Menyusu Dini.
logoblog
logoblog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.