Breaking

2017/07/01

Mencegah Lebih Baik dari Mengobati, Ini Alasannya

loading...
Kita sering mendengar orang mengatakan bahwa Mencegah Lebih Baik dari Mengobati. Terkadang orang yang mengutarakan juga belum tahu alasan apa yang melatarbelakangi pernyataan tersebut. Ada juga yang hanya memberikan alasan dari segi ekonomi saja. Bahwa mencegah lebih murah ketimbang kita mengobati suatu penyakit nantinya.

Adakah diantara kita yang berpikir mengenai alasannya dilihat dari sisi kesehatan?

Disini kami mencoba memberikan sedikit ulasan mengenai alasan mengapa dikatakan bahwa mencegah lebih baik dari mengobati dilihat dari sisi kesehatan.

Mencegah, Kita Berada pada Posisi Sehat


Kita semua tahu bahwa kata mencegah pada pernyataan diatas menunjukan bahwa kita masih berada pada kondisi dimana kita belum terserang penyakit. Sehingga kita berupaya melakukan segala sesuatu agar tidak sakit. Upaya-upaya tersebut masih dapat kita lakukan sendiri tanpa sepenuhnya ketergantungan pada orang lain.

Kemungkinan terburuk dari upaya kita jika gagal adalah menjadi sakit. Namun jika kita berhasil atas upaya pencegahan yang kita lakukan adalah kita akan tetap hidup sehat, bugar dan produktif.

Mengobati, Kita Berada pada Posisi Sakit


Berbicara mengenai mengobati berarti kita sudah menderita suatu penyakit dan kita berupaya untuk mengobati penyakit tersebut. Keluhan dan kesakitan kita sudah alami. Menderita akibat penyakit tersebut sudah sempat menyiksa tubuh kita. Bahkan kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi ketika sakit. Hanya berharap orang lain yang akan berbuat untuk kesembuhan kita.

Kemungkinan terburuk yang kita alami dari usaha kita jika gagal adalah penyakit kita akan bertambah parah dan meninggal. Tentu kita tidak ingin mengalami hal tersebut.

Dilihat dari tahapannya, mencegah memiliki satu tahapan lebih jauh dari kematian. (Insha Allah). Ilustrasinya sebagai berikut:
Mencegah ---> Sakit ---> Bertambah Parah/Mati
Mengobati penyakit ---> Bertambah Parah/Mati

Mencegah vs Mengobati
Mencegah vs Mengobati

Dari pembahasan tersebut diatas maka kami memberikan kesimpulan dari sisi kesehatan bahwa mencegah lebih baik dari mengobati.

Demikian yang dapat kami tuliskan, semoga dapat bermanfaat.

loading...

No comments:

Post a Comment

loading...
loading...