Tips Perawatan Kuku yang Baik dan Benar

Kuku terdiri dari sepotong sel-sel mati yang tipis dan gepeng. Bagian kuku terbuat dari bahan zat keratin, yakni bahan yang terdapat pada kulit dan rambut. Kuku tumbuh dari suatu landasan atau akar kuku, yang dilindungi oleh sebuah lipatan kulit pada bagian bawahnya. Bagian yang putih menyerupai bulan sabit pada bagian bawah kuku merupakan sebagian dari landasan atau akar kuku yang kelihatan.

Kuku itu sendiri tersandar di atas bahan-bahan jaringan yang halus yang mengandung pembuluh-pembuluh darah untuk memberi bahan makanan untuk akar kuku itu.

Kuku bertumbuh kurang lebih satu setengah inchi atau 3,8 cm setahun, namun kecepatan tumbuh ini berbeda-beda tiap orang.

Perawatan kuku yang sehat

Perawatan Kuku
Perawatan Kuku

Kuku itu memang mudah rusak, akan tetapi makan waktu lama sebelum kerusakan itu terjadi. Walaupun demikian kita perlu melakukan perawatan kuku yang baik dan benar agar kuku kita tetap sehat. Berikut ini beberapa tips perawatan kuku yang baik dan benar:

  1. Janganlah memakai kikir kuku yang terbuat dari bahan logam. Sebab kikir seperti itu dapat merusak lapisan zat keratin. Sebagai penggantinya pergunakanlah papan amril atau papan ampelas.
  2. Kalau mengikir kuku hedaknya digerakkan dari pinggir menuju ke tengah. Janganlah sama sekali menggerakkan seperti menggergaji atau jangan pula melakukan gerakan yang maju mundur.
  3. Jangan mengikir kuku pada bagian paling bawah kuku sebab hal ini dapat melemahkan pertumbuhan kuku.
  4. Jangan memberi bentuk yang serba tajam, sebab hal ini akan menyebabkan kuku mudah patah.
  5. Pakailah sejenis kri untuk kuku bagian bawah bila diperlukan untuk menguatkan pertumbuhan kuku yang baru.
  6. Guntinglah kulit bagian sekeliling kuku hanya apabila bagian kulit tersebut menimbulkan rasa gatal atau nyeri. Pergunakan krim tangan secara teratur agar melembutkan kulit disekitar kuku sehingga mencegah keadaan kulit tangan di sekitar kuku tidak pecah-pecah.
INDAHNYA BERBAGI
Bagikan tulisan ini. Jangan berhenti pada anda, mungkin ada teman yang membutuhkan.
INGIN MENDAPATKAN ARTIKEL TERBARU SECARA GRATIS?
Cukup Ketik Email Anda, Klik Berlangganan, Lalu Buka Email Masuk Anda dan Klik Link yang Diberikan untuk Konfirmasi.

0 Komentar Untuk "Tips Perawatan Kuku yang Baik dan Benar"

Post a Comment