Lingkungan Sehat Masalah Kita Bersama

Lingkungan sehat menjadi permasalahan kesehatan yang hingga saat ini belum tuntas. Ada kabar bahwa Indonesia memiliki peringkat sanitasi yang buruk di tingkat internasional.


Hal ini bukanlah fitnah jika kita melihat fakta yang ada di masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Air bersih, jamban keluarga, tempat pembuangan sampah, saluran pembuangan air limbah dan lainnya belum tersedia layaknya suatu lingkungan yang memenuhi syarat kesehatan. Wajarlah jika Indonesia memiliki predikat tersebut.

Sebagaimana kita ketahui bahwa lingkungan memiliki pengaruh terbesar dalam menentukan derajat kesehatan, baik individu, keluarga maupun masyarakat.

Diare, ISPA, malaria, dan berbagai penyakit berbasis lingkungan tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan untuk penyakit malaria sendiri masih terdapat daerah yang berstatus endemis malaria. Sesekali terjadi KLB diare di beberapa daerah.

Hal ini tak lain adalah bukti bahwa kondisi lingkungan yang masih kurang memadai. Kami tidak menampilkan data kuantitatif dari permasalahan tersebut, silakan bertanya pada para penyedia data yang berwenang. Disana anda akan mendapatkan kebenarannya.

Dengan permasalahan-permasalahan tersebut, akan timbul pertanyaan, ini tugas siapa? Masyarakat, pemerintah, LSM ataukah hanya kepada instansi kesehatan?

Contoh Lingkungan Tidak Sehat
Contoh Lingkungan Tidak Sehat

Menurut hemat kami, masalah lingkungan bukan semata tugas suatu pihak. Ekonomi, pendidikan, sosial, kesehatan dan masyarakat itu sendiri memiliki andil dan tanggungjawab atas permasalahan tersebut.

Jurnal-jurnal, penelitian-penelitian dan berbagai teori telah membuktikan bahwa aspek-aspek tersebut memiliki keterkaitan dalam menciptakan lingkungan yang sehat. Lalu, mengapa masalah ini masih saja menjadi masalah hingga berabad-abad?

Ataukah ini dibiarkan saja agar dapat menjadi mega proyek yang menguntungkan? Ah... Tidak. Kita terlalu berburuk sangka. Daripada sibuk dengan berburuk sangka, marilah kita persiapkan diri kita masing-masing. Ciptakan lingkungan yang sehat. Mulai dari diri kita sendiri, lingkungan keluarga sehat, lingkungan Indonesia akan sehat.

Selamat berkarya, semoga kesehatan dilimpahkan untuk kita semua. Amin.
INDAHNYA BERBAGI
Bagikan tulisan ini. Jangan berhenti pada anda, mungkin ada teman yang membutuhkan.
INGIN MENDAPATKAN ARTIKEL TERBARU SECARA GRATIS?
Cukup Ketik Email Anda, Klik Berlangganan, Lalu Buka Email Masuk Anda dan Klik Link yang Diberikan untuk Konfirmasi.

0 Komentar Untuk "Lingkungan Sehat Masalah Kita Bersama"

Post a Comment