Kepanjangan dan Pengertian SDGs

Pada tahun 2015, negara-negara di seluruh dunia melalui resolusi PBB dicanangkan suatu tujuan pembangunan yang skarang dikenal dengan SDGs. SDGs sendiri merupakan kelanjutan dari MDGs dan sejak diterbitkannya SDGs maka MDGs dinyatakan tidak berlaku lagi yaittu pada akhir 2015.
Walaupun sudah cukup akrab diingatan kita, namun perlu diakui bahwa masih ada yang belum mengetahui kepanjangan dan pengertian dari SDGs tersebut. Oleh karena itu, melalui tulisan ini kami ingin berbagi kepada pembaca tentang kepanjangan dan pengertian SDGs yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Kepanjangan dan pengertian SDGs


SDGs merupakan singkatan dari "Sustainable Development Goals" atau dalam bahasa indonesia diartikan sebagai "Tujuan Pembangunan Berkelanjutan".
SDGs adalah 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi.
SDGs merupakan agenda pembangunan berkelanjutan yang dibuat untuk menjawab tuntutan kepemimpinan dunia dalam mengatasi kemiskinan, kesenjangan, dan perubahan iklim dalam bentuk aksi nyata. Konsep Tujuan Pembangunan Berkelanjutan lahir pada Konferensi Pembangunan Berkelanjutan PBB dengan menetapkan rangkaian target yang bisa diaplikasikan secara universal dan dapat diukur dalam menyeimbangkan tiga dimensi pembangunan berkelanjutan yang terdiri dari ingkungan, sosial, dan ekonomi.

Sustainable Development Goals (SDGs)
Sustainable Development Goals (SDGs)

Agenda SDGs hingga 2030 terdiri dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau tujuan Global, yang akan menjadi tuntunan kebijakan dan pendanaan untuk 15 tahun ke depan, terdiri dari:
  1. Tanpa kemiskinan : Pengentasan segala bentuk kemiskinan di semua tempat.
  2. Tanpa kelaparan : Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan perbaikan nutrisi, serta menggalakkan pertanian yang berkelanjutan.
  3. Kehidupan sehat dan sejahtera : Menggalakkan hidup sehat dan mendukung kesejahteraan untuk semua usia.
  4. Pendidikan berkualitas : Memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang
  5. Kesetaraan gender : Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan.
  6. Air bersih dan sanitasi layak : Menjamin akses atas air dan sanitasi untuk semua.
  7. Energi bersih dan terjangkau : Memastikan akses pada energi yang terjangkau, bisa diandalkan, berkelanjutan dan modern untuk semua.
  8. Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi : Mempromosikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan inklusif, lapangan pekerjaan dan pekerjaan yang layak untuk semua.
  9. Industri, inovasi dan infrastruktur : Membangun infrastruktur kuat, mempromosikan industrialisasi berkelanjutan dan mendorong inovasi.
  10. Berkurangnya kesenjangan : Mengurangi kesenjangan di dalam dan di antara negara-negara.
  11. Kota dan komunitas berkelanjutan : Membuat perkotaan menjadi inklusif, aman, kuat, dan berkelanjutan.
  12. Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab : Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan
  13. Penanganan perubahan iklim : Mengambil langkah penting untuk melawan perubahan iklim dan dampaknya.
  14. Ekosistem laut : Pelindungan dan penggunaan samudera, laut dan sumber daya kelautan secara berkelanjutan
  15. Ekosistem daratan : Mengelola hutan secara berkelanjutan, melawan perubahan lahan menjadi gurun, menghentikan dan merehabilitasi kerusakan lahan, menghentikan kepunahan keanekaragaman hayati.
  16. Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh : Mendorong masyarakat adil, damai, dan inklusif
  17. Kemitraan untuk mencapai tujuan : Menghidupkan kembali kemitraan global demi pembangunan berkelanjutan

SDGs Kesehatan


Dari ke - 17 tujuan, terdapat SDGs kesehatan dan terkait kesehatan yang perlu diketahui secara khusus untuk kepedulian kita terhadap pembangunan kesehatan.
Karena pada tulisan sebelumnya kami telah membagikan tulisan tentang tujuan dan target SDGs bidang kesehatan, maka kami tidak membahasnya kembali pada tulisan ini. Anda cukup mengunjungi laman di maksud melalui link berikut: Goals (Tujuan) dan Target SDGs Kesehatan.
Itulah yang dapat kami bagikan mengenai kepanjangan dan pengertian SDGs, semoga dapat menambah wawasan kita semua. Bagikan tulisan ini melalui media sosial, mungkin ada teman lain yang membutuhkan informasi ini.
INDAHNYA BERBAGI
Bagikan tulisan ini. Jangan berhenti pada anda, mungkin ada teman yang membutuhkan.
INGIN MENDAPATKAN ARTIKEL TERBARU SECARA GRATIS?
Cukup Ketik Email Anda, Klik Berlangganan, Lalu Buka Email Masuk Anda dan Klik Link yang Diberikan untuk Konfirmasi.

0 Komentar Untuk "Kepanjangan dan Pengertian SDGs"

Post a Comment