5 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/03/11

Hal yang sangat manusiawi jika anda pernah menangis, banyak penelitian yang membuktikan bahwa menangis itu dapat menyehatkan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental seseorang.

Menangis merupakan proses keluarnya air dari mata yang disebabkan karena faktor emosi seperti sedih, marah, terharu atau bahagia. Menangis membantu kita melepaskan energi negatif dan merupakan cara alami tubuh mengatasi perasaan yang tidak diinginkan seperti tertekan dan rasa takut.

Gambar Manfaat Menangis Bagi Kesehatan
Menagis
Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan manfaat menangis bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang dilaksanakan oleh Dr. William H. Frey II, biochemist di St Paul-Ramsey Medical Centre di Minnesota ditemukan bahwa senyawa kimia yang keluar oleh karena emosi atau stres, berbeda dengan air mata yang keluar karena penyebab dari lingkungan sekitar seperti iritasi.

Dari berbagai sumber yang kami dapatkan, berikut ini kami cantumkan 5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan sebagai rangkuman dari beberapa sumber tersebut:

1. Meringankan Stres

Menangis dapat meringankan stres. Ketika seseorang menangis, tubuh kita mengeluarkan beberapa bahan kimia dan hormon yang terbentuk akibat stres. Sebaliknya, jika kita menahan air mata yang akan keluar, maka sama halnya kita sedang meningkatkan tingkat stres yang dapat memicu timbulnya masalah kesehatan lainnya seperti hipertensi, serangan jantung, stroke dan lainnya.

2. Menjaga Mood

Menangis merupakan respon emosional tubuh terhadap sesuatu. Ketika kita menangis maka tubuh akan mengeluarkan zat yang bernama endorfin, zat ini disebut juga dengan hormon bahagia yang bertugas untuk memberikan stabilitas mood dan keseimbangan emosi. Ketika kita menangis, kita memberikan tubuh kemampuan untuk menjaga stabilitas mood dan emosi agar menjadi lebih baik lagi.

3. Mencegah flu dan pilek

Air Mata yang keluar ketika kita menangis mengandung zat Lisozim Fluida yang mana zat tersebut mampu membunuh 95% bakteri hanya dalam hitungan menit.

4. Mengeluarkan Racun

Air mata yang muncul oleh faktor emosional seperti rasa sedih atau gembira memiliki zat yang lebih beracun daripada air mata karena iritasi (gatal-gatal atau air mata karena mengupas bawang). Hal ini menunjukkan bahwa air mata emosional mampu mengeluarkan limbah dan racun dari dalam tubuh kita.

5. Pelumas

Ini merupakan fungsi utama air mata yaitu pelumas pada bola mata sehingga kita dapat melihat. Air mata akan melembabkan dan mencegah dehidrasi pada selaput mata kita. Pada saat kita menangis, maka air mata yang keluar akan memberikan pelumas bagi selaput mata kita.

Demikianlah yang dapat kami bagikan mengenai 5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan, jadi bukan hanya tersenyum yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kita namun menangis juga ada manfaatnya.

Sampai bertemu lagi di kesempatan berikutnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat.
logoblog
logoblog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.