Waspada, Kesehatan Mental Mempengaruhi Kesehatan Tubuh

Kesehatan mental ternyata memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan tubuh kita. Banyak penyakit yang timbul karena berawal dari mental yang tidak sehat.

Sebelum kita membahas tentang penyakit yang dapat ditimbulkannya, sebaiknya kita lihat dulu beberapa pengertian ini:

Pengertian Kesehatan Mental


Istilah “Kesehatan Mental” di ambil dari konsep mental hygiene. Kata mental di ambil dari bahasa Yunani, pengertiannya sama dengan psyche dalam bahasa latin yang artinya psikis, jiwa atau kejiwaan. Jadi istilah mental hygiene dimaknakan sebagai kesehatan mental atau jiwa yang dinamis bukan statis karena menunjukkan adanya usaha peningkatan. (Notosoedirjo & Latipun, 2001:21).

Dr. Jalaluddin dalam bukunya “Psikologi Agama” mengatakan bahwa:
Kesehatan mental merupakan suatu kondisi batin yang senantiasa berada dalam keadaan tenang, aman dan tentram, dan upaya untuk menemukan ketenangan batin dapat dilakukan antara lain melalui penyesuaian diri secara resignasi (penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan)”.

Sedangkan menurut paham ilmu kedokteran, kesehatan mental merupakan suatu kondisi yang memungkinkan perkembangan fisik, intelektual dan emosional yang optimal dari seseorang dan perkembangan itu berjalan selaras dengan keadaan orang lain.

Kesehatan Mental
Kesehatan Mental

Pengaruh Pada Kesehatan Tubuh


Beberapa kondisi umum yang sering terjadi dalam masalah kesehatan mental adalah stress, gangguan kecemasan dan depresi. Dalam kondisi ini, terdapat beberapa masalah yang akan timbul, diantaranya sebagai berikut: (alodokter.com)
  1. Gangguan tidur
  2. Lelah
  3. Sakit kepala
  4. Sakit perut
  5. Nyeri dada
  6. Nyeri atau tegang pada otot
  7. Penurunan gairah sek5ual
  8. Obesitas
  9. Hipertensi
  10. Diabetes
  11. Gangguan jantung

Dari daftar diatas, nyata bahwa stres, gangguan kecemasan, depresi dan lain sejenisnya mempengaruhi atau menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Sehingga terkadang ketika dokter memberikan konseling pada pasiennya selalu meminta pasien agar mengontrol emosi dan hindari stres. Karena memang hal tersebut sangat ilmiah dan sudah dibuktikan dalam banyak survey.

Mengingat hal tersebut, maka kita sebagai manusia yang mendambakan kehidupan yang sehat dan berkualitas harus memiliki ketrampilan dan pengetahuan tentang bagaimana memelihara kesehatan dengan menghidari stres, gangguan kecemasan dan depresi.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah sebagai berikut:
  1. Jangan lupa beribadah;
  2. Komunikasikan apa yang anda rasakan dengan orang kepercayaan;
  3. Olahraga teratur;
  4. Makan yang sehat;
  5. Istirahat yang cukup;
  6. Bangun hubungan baik dengan keluarga;
  7. Lakukan hobi anda.
Demikian yang dapat kami tuliskan, semoga dapat bermanfaat. BAGIKAN ke media sosial melalui tombol berbagi yang kami sediakan di bawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Waspada, Kesehatan Mental Mempengaruhi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel