Akan Melakukan Penyuluhan Kesehatan? Perhatikan 7 Hal Berikut

Terkadang dalam melakukan penyuluhan, seorang penyuluh kesehatan merasa kurang puas akan hasil yang didapatkan ketika melakukan penyuluhan kesehatan. Khususnya bagi tenaga penyuluh kesehatan yang ada di Puskesmas.

Kegiatan sudah dilakukan rutin, namun masih saja belum memberikan hasil atau perubahan terhadap sasarn. Cobalah lihat kembali beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya. Berikut ini kami berikan beberapa tips yang mungkin dapat membantu.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih metode dan teknik penyuluhan adalah sebagai berikut:

Tujuan penyuluhan kesehatan


Dalam suatu kegiatan penyuluhan/pelatihan/pengajaran apakah tujuannya cukup sampai pengetahuan atau sampai ketrampilan/perubahan perilaku. Apabila tujuan sampai terampil maka metodenya yang dipakai yaitu demonstrasi atau praktek.

Kemampuan Penyuluhan kesehatan


Sebagai penyuluh/fasilitator tentunya akan memilih metode yang dikuasai dan sesuai dengan tujuan penyuluhan.

Kemampuan sasaran penyuluhan kesehatan


Kemampuan dan tingkat pendidikan sasaran sangat dipertimbangkan dalam memilih metode penyuluhan yang akan digunakan, jangan sekali-kali digunakan metode yang rumit dan canggih untuk kelompok sasaran dengan pendidikan rendah, dikhawatirkan sasaran menjadi sulit menerima.

Besar kecilnya kelompok sasaran kesehatan


Dalam hal ini perlu dipertimbangkan metode yang akan dipilih sesuai dengan jumlah sasaran. Misalnya melakukan penyuluhan dengan jumlah sasaran yang besar, jangan menggunakan metode tatap muka perorangan, hal ini akan menimbulkan kebosanan peserta lain.

Penyuluhan Kesehatan Di Sekolah
Penyuluhan Kesehatan Di Sekolah

Waktu yang tersedia kesehatan


Apabila waktu yang tersedia terbatas agar dimanfaatkan seefisien mungkin dengan memilih yang sesuai dan dapat tercakup semuanya. Apabila waktu yang disediakan cukup longgar, agar memilih metode pengajaran orang dewasa, belajar sambil bekerja, misalnya diskusi kelompok dengan penyaji, studi kasus, peragaan atau demonstrasi.

Fasilitas yang tersedia


Jangan memilih metode dimana di lokasi tersebut tidak tersedia fasilitasnya, misalnya memilih metode demonstrasi umum di tempat tersebut tidak tersedia untuk melakukan demonstrasi.

Jumlah sasaran penyuluhan kesehatan


Ditinjau dari jumlah sasaran agar dipertimbangkan dalam menggunakan metode dan teknik yang akan digunakan agar dapat menjangkau semua sasaran yang ada.
INDAHNYA BERBAGI
Bagikan tulisan ini. Jangan berhenti pada anda, mungkin ada teman yang membutuhkan.
INGIN MENDAPATKAN ARTIKEL TERBARU SECARA GRATIS?
Cukup Ketik Email Anda, Klik Berlangganan, Lalu Buka Email Masuk Anda dan Klik Link yang Diberikan untuk Konfirmasi.

0 Komentar Untuk "Akan Melakukan Penyuluhan Kesehatan? Perhatikan 7 Hal Berikut"

Post a Comment