Gonore: Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Pencegahan

Gonore adalah infeksi bakteri di alat kelamin, dubur atau tenggorokan. Gonore atau kencing nanah merupakan penyakit menular se****l yang umum dan disebabkan oleh bakteri. Pria maupun wanita bisa terjangkit penyakit ini.

Penyebab

Disebabkan oleh kuman Neisseria gonorrhoeae (gonococcus), yang merupakan diplococcus gram negatif. Kuman ini terutama menginfeksi selaput lendir manusia, yaitu alat kelamin, liang dubur, selaput lendir mata, dan tenggorokan. Gonore dapat menular kalau seseorang melakukan hubungan s**s vaginal, dubur atau mulut dengan seseorang yang sudah mengalami infeksi tersebut tanpa memakai kondom. Untuk laki-laki yang mengalami infeksi saluran kencing, gejala-gejalanya biasanya muncul dalam waktu 2 – 10 hari setelah terinfeksi, namun terkadang gejalanya hanya muncul setelah beberapa bulan.

Gambaran klinis

 Gambaran klinis gonore adalah sebagai berikut:
  • Biasanya penyakit ini menunjukan gejala setelah 2 sampai 10 hari berkontak ke yang menderita penyakit ini. Pada laki-laki umumnya penyakit ini ditandai dengan radang saluran keluar air seni dengan gejala nyeri sewaktu berkemih dan mengeluarkan cairan putih dari saluran kemihnya. Namum pengeluaran cairan putih, ataupun yang kuning, yang kental ataupun yang encer bisa disebabkan oleh kuman lain, sehingga sifat cairan ini tidak memastikan penyakit ini.
  • Sedangkan pada wanita bisa menunjukan gejala nyeri pada perut bagian bawah, keputihan dan kadang-kadang pendarahan yang tidak normal dari rahim serta rasa tak nyaman pada liang dubur.
  • Namun semua gejala itu pun tidak khas bagi gonore, ia bisa juga disebabkan oleh penyakit lain sehingga perlu di periksa dengan teliti.
  • Pada wanita infeksi gonore bisa berlanjut menjadi peradangan alat dalam panggul yang menjalar dari bibir rahim, ke dalam rahim, ke saluran telur dan ke seluruh alat dalam panggul, biasanya terjadi selama haid. Gejala penyakit ini meliputi demam dan nyeri perut bagian bawah. Mungkin juga terdapat pengeluaran cairan kekuningan dari dalam bibir rahim dan nyeri tekan pada rahim pada waktu pemeriksaan dalam atas alat-alat panggul. Radang alat-alat panggul ini bisa menyebabkan strerilitas, kehamilan di luar kandungan dan nyeri panggul yang menahun.

Pencegahan

Pencegahan gonore dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:
  • Komunikasi bersama pasangan sebelum melakukan hubungan se****l terkait riwayat hubungan se****l sebelumnya, jumlah partner, serta jenis pengaman yang digunakan dapat menjadi informasi penting.
  • Hindari hubungan se****l bila mengidap gonore, atau sedang dalam pengobatan. Hindari pula berhubungan se****l dengan orang yang mengidap gonore.
  • Jangan suka berganti-ganti pasangan. Risiko tertular gonore dan penyakit menular se****l lainnya akan meningkat bila berganti-ganti pasangan se****l.
  • Gunakan pelindung (kondom) bila berhubungan dengan pasangan yang belum diketahui riwayat se****lnya.

Gonore (ilustrasi)
Gonore (ilustrasi)

Perhatian

Bila terdapat tanda-tanda penyakit seperti yang disebutkan diatas, segera komunikasikan dengan tenaga kesehatan terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang tepat untuk menghindari penularan kepada orang lain.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "Gonore: Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Pencegahan"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel