Pedoman Pembinaan Penilaian Kinerja Puskesmas

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/03/14

Pedoman Penilaian Kinerja mencangkup pada Pembinaan Penilaian Kinerja Puskesmas. Sebagaimana yang telah kami janjikan pada pembahasan sebelumnya tentang Penyajian, Analisa Data dan Pemecahan Masalah pada Penilaian Kinerja Puskesmas, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada mitra kesehatan masyarakat tentang Pedoman Pembinaan Penilaian Kinerja Puskesmas.

Sesuai dengan pengertiannya, Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten/kota. Oleh karena itu, penyelenggaraan Puskesmas tidak lepas dari tanggung jawab Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Dengan terbitnya UU Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, provinsi mempunyai fungsi koordinasi dalam penyelenggaraan pembangunan, termasuk di dalamnya pembangunan kesehatan.

Demikian pula halnya, dalam penyelenggaraan Puskesmas, dinas kesehatan provinsi tetap mempunyai fungsi koordinasi. Sehingga berkaitan dengan pelaksanaan penilaian kinerja Puskesmas, baik dinas kesehatan kabupaten/kota maupun dinas kesehatan provinsi juga mempunyai peran dalam pelaksanaannya.

A. Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota


Manfaat dari penilaian kinerja Puskesmas bagi dinas kesehatan kabupaten/kota adalah :
  1. Mendapatkan gambaran tingkat perkembangan prestasi Puskesmas di wilayah kerjanya
  2. Mengetahui masalah dan hambatan dalam penyelenggaraan Puskesmas
  3. Mendapatkan gambaran kemampuan manajemen Puskesmas.
  4. Dapat dipergunakan oleh dinas kesehatan kabupaten/ kota sebagai dasar untuk melakukan pembinaan kepada Puskesmas. Sehingga pembinaan dan dukungan yang diberikan lebih optimal/fokus, berdasarkan permasalahan dan kondisi Puskesmas.
Ikut melakukan penilaian hasil manajemen Puskesmas dengan cara melakukan peninjauan ke masing-masing Puskesmas.
Memberi bimbingan dan fasilitasi dalam pelaksanaan penilaian kinerja Puskesmas.

Setelah menerima hasil penilaian kinerja Puskesmas, melakukan :
  1. Rekapitulasi data
  2. Rekapitulasi masalah dan melakukan analisa masalah serta menentukan cara penanggulangannya. Apabila diperlukan dapat mengajukan fasilitasi dari dinas kesehatan provinsi.
  3. Mengirimkan hasil rekapitulasi kepada Dinas kesehatan provinsi
  4. Membuat mapping/pemetaan kinerja Puskesmas. 
B. Dinas Kesehatan provinsi

Manfaat penilaian kinerja Puskesmas bagi dinas kesehatan provinsi adalah mendapatkan gambaran prestasi Puskesmas, serta hambatan-hambatan dan permasalahan yang dihadapi dinas kesehatan kabupaten/ kota dalam pembinaan dan pengembangan Puskesmas di wilayah kerjanya. Selanjutnya Provinsi dapat lebih optimal dan fokus dalam memberikan dukungan kepada Dinas kesehatan kabupaten/kota dalam upaya peningkatan kinerja Puskesmas.
Melakukan supervisi dan bimbingan teknis kepada dinas kesehatan kabupaten/kota dan Puskesmas
Setelah menerima laporan dari dinas kesehatan kabupaten/kota selanjutnya dilakukan :
  1. Membuat rekap dari seluruh kabupaten/kota
  2. Membuat rekap permasalahan dan melakukan analisa masalah
  3. Menyusun rencana penanggulangan dan pemecahan masalah, apabila diperlukan dapat mengajukan fasilitasi dari Pusat
  4. Membuat peta kinerja kabupaten
Demikianlah yang dapat kami bagikan kepada mitra kesehatan masyarakat tentang Pedoman Pembinaan Penilaian Kinerja Puskesmas. Dengan selesainya pembahasan ini maka selesailah sudah pembahasan tentang Pedoman Manajemen Puskesmas, dari Pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas, Pedoman Lokakarya Mini Puskesmas dan yang terakhir adalah Pedoman Penilaian Kinerja Puskesmas. Semoga serangkaian informasi yang kami bagikan tersebut dapat memberikan manfaat kepada kita semua demi meningkatkan pembangunan kesehatan masyarakat melalui peningkatan kinerja Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).
Gambar Penilaian Kinerja Puskesmas
Visulalisasi Hasil Penilaian Kinerja Puskesmas

Jika ada pertanyaan, saran atau komentar, silakan mengisi kolom komentar yang ada di bawah. Sampai ketemu lagi pada topik lainnya, hanya disini, www.mitrakesmas.com.
logoblog
logoblog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.