Alasan Mengapa Kesehatan Lebih Penting dalam Kehidupan

Siapa pun anda, pasti pernah berpikir tentang kesehatan. Mengapa tidak, masing-masing memiliki alasan untuk berpikir tentang hal tersebut. Terkadang kita membandingkan kesehatan dengan hal lain di dunia ini. Pendapat spekulatif sering dilontarkan untuk menguatkan asumsinya.

Untuk lebih konkritnya, coba bandingkan antara kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Menurut anda mana yang lebih penting? Anda pasti memiliki alasan masing-masing pada ketiga hal tersebut di atas, demikian juga saya selaku penulis pada blog Mitra Kesehatan Masyarakat.

Ketika kanak-kanak dulu, sering kita di perdebatkan dengan masalah tersebut di atas, pembahasan tak ada habisnya dan bahkan sampai kita dewasa pun masih ada yang belum bisa terjawab. Saya secara pribadi memutuskan jawaban saya hingga saat ini menulis argumen saya di blog Mitra Kesehatan Masyarakat ini.

Mungkin para sahabat, mitra kesehatan masyarakat tidak sependapat dengan asumsi saya, itu wajar, saya hanya mencoba untuk menuangkan gagasan saya dalam bentuk tulisan yang Insya Allah dapat dibaca dan menjadi bahan kajian kita bersama.

Sebelum saya melanjutkan tulisan ini, segala pendapat nantinya perlu kita dasari dengan asumsi bahwa tidak ada pendapat yang salah dalam pemberian alasan nantinya, semua memiliki dasar masing-masing dalam mengemukakan pendapatnya. Pendapat yang saya maksud disini adalah pendapat untuk menentukan mana yang lebih penting antara Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi.

Benarkah Kesehatan Lebih Penting?

Nah... Menurut Anda, mana yang lebih penting??

Mengapa Kesehatan Penting

Dengan pertanyaan ini, maka masing-masing dari kita akan berpikir untuk memilih salah satu dari ketiga hal tersebut di atas. Dulu saya pernah mendengar diskusi beberapa teman saya tentang hal tersebut di atas, dan walhasil masing-masing dari mereka tetap mempertahankan pendapatnya dengan alasan mereka masing-masing.

Dari situlah ide dasar pembuatan tulisan ini, yang pasti bahwa bukan hasil dari pembicaraan mereka yang menjadi topik utama melainkan sedikit alasan yang menurut saya perlu kita perbincangkan bersama.

Sedikit kutipan beberapa alasan tentang hasil perbincangan mereka tersebut di atas adalah seperti berikut:

  • Ekonomi yang lebih penting, karena tanpa uang/harta maka pendidikan dan kesehatan tidak akan bisa di dapatkan, apalagi di zaman sekarang ini, ke WC saja harus bayar apalagi untuk mendapatkan pendidikan dan kesehatan, tak ada yang gratis di muka bumi ini. (Pendapat ini Benar).
  • Pendidikan yang lebih penting, karena dengan pengetahuan/ilmu kita bisa mendapatkan uang/harta dan kesehatan, tanpa pengetahuan/ilmu bagaimana kita dapat berpikir untuk kedua hal tersebut di atas? Seperti kata para tetua: mencari dunia dengan ilmu, mencari akhirat dengan ilmu dan mencari keduanya dengan ilmu. (Pendapat ini benar).
  • Kesehatan yang lebih penting: karena dengan kesehatan kita dapat melakukan sesuatu dan memperoleh pendidikan/ilmu/pengetahuan dan uang/harta. Orang sakit memiliki keterbatasan dalam hal tersebut di atas.

Sebelum Anda memberikan pendapat Anda, izinkan saya memberikan sedikit pendapat pribadi tentang hal tersebut di atas. Menurut saya yang paling penting adalah Kesehatan (Maaf jika tidak sependapat dengan Anda). Mengapa demikian dan apa alasan saya? Berikut alasan saya:

Alasan Mengapa Kesehatan Lebih Penting

Ketika ketiga hal tersebut di atas disandingkan, maka akan saling berkaitan antara satu dan lainnya. Hingga akhirnya kita salin meruntun sebab dan akibat, berbicara sebab dan akibat maka kita terbawa oleh waktu yang mendukung proses kejadian tersebut. Contohnya karena sebab A, sehingga ada kejadian B, dan karena ada B sehingga ada kejadian C atau sebaliknya yang mana proses tersebut memaksa kita untuk untuk mengusut berdasarkan alur waktu dan kejadian. Sebagaimana kita ketahui bahwa proses dan waktu adalah dua hal yang tak terpisahkan.

Ketika kita melihat proses dari ketiga hal tersebut di atas, maka seolah kita dipaksa untuk berpikir mundur hingga sampai pada awal kita berada di muka bumi. Disinilah letak kenapa saya mengatakan kesehatanlah yang lebih penting dan dapat saya tuangkan dalam satu bentuk kalimat sederhana seperti berikut: (Tolong disimak dengan sebaik-baiknya)

"Seorang ibu tidak pernah bersyukur karena anaknya lahir dengan membawa segudang ilmu atau setumpuk harta, tapi seorang ibu selalu bersyukur karena anaknya lahir dalam keadaan sehat walafiat, anugerah perdana di muka bumi".

Itulah sedikit alasan mengapa kesehatan lebih penting dalam kehidupan yang lebih penting tanpa menyepelekan yang lainnya. Sekali lagi maaf jika tidak sependapat dengan Anda.

Silakan berikan pernyataan dan pendapat Anda serta alasannya pada komentar yang ada di blog ini. Semoga pendapat-pendapat yang ada semakin menambah wawasan kita bersama. Sebagai catatan: Berkomentarlah yang sopan agar tak saling menyinggung pihak-pihak lain.

Akhirnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya di blog ini, mohon maaf jika dalam tulisan ini ada yang kurang berkenan dihati para Mitra Kesehatan Masyarakat. Wasalam.