Perbedaan UKM Esensial dan UKM Pengembangan Di Puskesmas

Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) yang ada di Puskesmas sebagaimana yang tercantum dalam Permenkes 75 tahun 2014 terdiri dari dua bagian yaitu Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Esensial dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Pengembangan.

Masing-masing memiliki kegiatan yang berbeda dengan tujuan umum yang sama yaitu mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal, namun secara prinsip ada hal mendasar yang membedakan kedua upaya kesehatan tersebut.

Perbedaan tersebut dapat dilihat dari segi kewajiban puskesmas untuk melaksanakan upaya kesehatan yang ada didalamnya.

Perbedaan UKM Esensial dengan UKM Pengembangan


UKM Esensial vs UKM Pengembangan
UKM Esensial vs UKM Pengembangan

UKM Esensial


  • UKM Esensial merupakan upaya kesehatan yang wajib dilaksanakan di suatu puskesmas.
  • Jumlah UKM Esensial terdiri dari 5 dan tidak bisa dikurangi. Jadi UKM Esensial antara puskesmas yang satu dengan yang lainnya tetap sama.

UKM Pengembangan


  • UKM Pengembagan merupakan upaya kesehatan yang dilaksanakan dipuskesmas berdasarkan prioritas masalah kesehatan, ketersediaan sumber daya, anggaran, dan keadaan geografis yang ada di puskesmas tersebut.
  • Jumlah UKM Pengembangan dapat menyesuaikan dengan keadaan puskesmas sebagaimana di atas. Jadi UKM Pengembangan antara satu puskesmas dengan puskesmas yang lain bisa saja berbeda.
Untuk mengetahui jenis-jenis Uupaya Kesehatan Masyarakat (UKM) baik Esensial maupun Pengembangan, anda dapat mengunjungi tulisan kami yang lain dengan judul Upaya Kesehatan yang Dilaksanakan Di Puskesmas Sesuai Permenkes 75 Tahun 2014.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga dapat bermanfaat. Silakan berikan komentar anda pada kolom komentar yang telah kami sediakan dibawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan UKM Esensial dan UKM Pengembangan Di Puskesmas"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel