Mengenal Masalah Kesehatan Desa melalui Survey Mawas Diri (SMD)


Langkah awal untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat adalah sedini mungkin kita harus mengenal permasalahan kesehatan yang ada di wilayah tersebut sehingga menjadi dasar dalam mengambil tindakan penanganan.

Dengan mengenal permasalahan kesehatannya, maka masyarakat juga akan tanggap dan siaga mengatasi segala kemungkinan yang terjadi sebagai akibat dari permasalahan tersebut.

Berbagai upaya pemberdayaan dilakukan demi menciptakan kemandirian tersebut. Termasuk didalamnya adalah meningkatkan berbagai Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) seperti Posyandu, Posbindu, Polindes, Poskesdes dan pembentukan berbagai kader kesehatan lainnya yang dibina oleh petugas kesehatan terkait.

Terlepas dari program kesehatan yang merupakan kewajiban beberapa instansi, perlu diketahui bahwa segala upaya yang dilakukan tersebut merupakan kebutuhan kita sebagai masyarakat demi meningkatkan derajat kesehatan yang optimal, sehingga sangatlah wajar jika kita merasa terpanggil untuk turut andil dalam upaya-upaya mengatasi permasalahan kesehatan yang ada.

Apalagi jika saat ini kita memiliki peran penting di wilayah tempat tinggal kita seperti Pemerintah Desa, BPD, tokoh masyarakat, maupun kader kesehatan. Maka pastinya kita bertanggungjawab atas kesehatan masyarakat yang ada di sekitar kita.

Mungkin saat ini anda memiliki peran sebagaimana yang kami sebutkan diatas, namun masih bingung untuk memulai dari mana untuk berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Jika demikian, maka kali ini kami ingin memastikan bahwa setelah anda membaca tulisan ini maka anda akan memiliki gambaran apa yang harus anda lakukan sebagai awal dari terobosan anda untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang ada di tempat tinggal anda.

Mengenal Masalah Kesehatan Desa melalui Survey Mawas Diri (SMD)


Mengenal Masalah Kesehatan Desa melalui SMD
Mengenal Masalah Kesehatan Desa melalui SMD

Untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau mengembangkan potensi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui permasalahan dan potensi apa yang ada dalam masyarakat tersebut. Sehingga dengan mengetahui permasalahan dan potensi maka kita akan dengan mudah merancang apa saja yang akan kita lakukan nanti.

Hal ini bukan hanya berlaku pada upaya kesehatan melainkan juga pada berbagai sektor. Namun saat ini kami hanya memberikan gambaran terkait kesehatan, selebihnya silakan anda mengembangkannya.

Mengenai mengenali permasalahan dan potensi, maka kita membutuhkan suatu metode agar memperoleh informasi yang valid.

Pada umumnya saat ini untuk mengenali permasalahan kita hanya menggunakan metode informasi "mulut ke mulut" sehingga terkadang menimbulkan bias dan tidak memiliki arah yang jelas. Padahal ada metode yang cukup baik untuk digunakan yaitu Survey Mawas Diri (SMD).

Untuk mengetahui pengertian, tujuan dan cara pelaksanaan SMD tersebut, silakan menuju ke link tersebut untuk kejelasannya, semoga dapat menambah wawasan kita.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Silakan berikan komentar anda pada kolom komentar yang telah kami siapkan di bawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Masalah Kesehatan Desa melalui Survey Mawas Diri (SMD)"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel