Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Perlu Dipertimbangkan

Asam urat ternyata memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan makanan yang kita makan. Sebagaimana yang telah kami bahas sebelumnya tentang Penyebab Asam Urat yang Perlu Diketahui, yang mana asam urat merupakan pembuangan dari penguraian zat purin di dalam tubuh kita.

Tanpa mengabaikan faktor resiko lainnya, makanan merupakan penyebab terjadinya penimbunan zat purin didalam tubuh yang nantinya menghasilkan banyak asam urat didalam tubuh.

Sehingga sangat logis ketika penderita asam urat perlu melakukan diet beberapa jenis makanan yang memiliki kadar purin tinggi.

Yang jadi permasalahan bagi sebagian masyarakat adalah masih kurangnya pengetahuan tentang makanan apa saja yang tinggi dan rendah zat purin sehingga mereka tidak salah dalam mengkonsumsi makanan tersebut yang akan berdampak buruk bagi kesehatan mereka.

Pada kali ini kami akan memberikan informasi kepada Mitra Kesehatan Masyarakat tentang gambaran umum makanan berdasarkan tinggi rendahnya kandungan purin.

Contoh Makanan Tinggi Puring
Contoh Makanan Tinggi Puring

Makanan yang Tinggi Purin


Seperti yang kami sebutkan diatas, bahwa makanan yang tinggi purin perlu dihindari bagi para penderita asam urat karena hal ini akan menambah resiko meningkatnya kandungan asam urat didalam tubuh. Oleh karena itu, beberapa makanan di bawah ini sebaiknya dihindari oleh mereka:

Jeroan seperti hati, ginjal dan otak.

Makanan ini biasanya ditemukan pada masakan seperti cotto dan sejenisnya. Pandai-pandailah mengenali bahan baku dari makanan yang disuguhkan agar kita dapat meminimalisir resiko bagi tubuh.

Daging, termasuk bacon, daging sapi, daging kambing daging sapi daging babi dan lain sejenisnya

Jenis bahan makanan ini tak asing lagi bagi kita. Banyak sajian yang mengandung bahan-bahan tersebut. Walaupun kita sangat ingin mengkonsumsinya, sebaiknya pertimbangkan kesehatan kita. Selain asam urat, beberapa jenis penyakit juga dapat dipengaruhi oleh makanan tersebut. Sebagai contoh, kolesterol juga akan sangat dipengaruhi oleh makanan-makanan tersebut.

Teri, Sarden, Kerang-Kerangan dan sejenisnya

Beberapa jenis makanan ini juga mengandung purin yang tinggi. Walaupun agak jarang ditemukan, namun tidak dipungkiri ada sebagian orang yang hoby dengan jenis makanan tersebut. Jika anda adalah penderita asam urat, sebaiknya menghindari makan tersebut.

Saus Gravy

Saus Gravy adalah saus yang enak dan dapat digunakan dalam penyajian makanan tertentu. Salah satu jenis makanan yang dapat disajikan dengan saus Gravy adalah Hamburger Casserole.

B1R

Jenis minuman ini diketahui mengandung zat purin yang tinggi, oleh karena itu, sebaiknya kita menghidarinya. Disamping itu, ketika menghindarinya maka kita juga telah mengurangi resiko berbagai jenis penyakit yang diketahui banyak ditimbulkan oleh minuman ber@lk0h0l tersebut.

Selain makanan tersebut diatas, terdapat pula makanan yang mengandung purin sedang seperti:
Ikan dan seafood (selain ikan dan seafood purin tinggi)
Oatmeal dan gandum.

Untuk jenis makanan dengan purin rendah terdiri dari:
  1. Sayuran hijau dan tomat;
  2. Buah-buahan;
  3. Roti dan sereal yang tidak mengandung gandum;
  4. Mentega, dadih, keju dan telur;
  5. Cokelat dan kakao;
  6. Kopi, teh dan minuman berkarbonasi;
  7. Selai kacang dan kacang-kacangan;

Beberapa jenis makanan tertentu dapat menurunkan resiko asam urat, diantaranya:
  1. Susu rendah lemak dan susu tanpa lemak;
  2. Yoghurt rendah lemak.

(sumber: www.cnnindonesia.com)

Demikian makanan untuk penderita asam urat yang perlu dipertimbangkan, semoga dapat bermanfaat. Silakan bagikan tulisan ini melalui media sosial, mungkin ada orang lain yang membutuhkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Perlu Dipertimbangkan"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel