9 Cara Diet Sehat dan Alami untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

Banyak orang mencari cara diet sehat dan alami untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Terlebih bagi para wanita yang ingin tampil indah dan menarik. Berbagai cara dilakukan, dari mengatur pola makan, melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan hingga mongkonsumsi obat dan makanan penurun berat badan yang belum tentu terjamin keamanannya.

Berpenampilan menarik dengan tubuh yang ideal memang sangat dianjurkan, namun untuk mendapatkan itu semua tidak harus mengorbankan kesehatan dan kenyamanan yang jauh lebih penting.

Disatu sisi, memiliki tubuh dengan berat yang overweight juga memiliki banyak resiko terserang berbagai penyakit. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa kelebihan berat badan berbanding lurus dengan beberapa jenis penyakit berbahaya dan mematikan seperti PJK, strok, diabetes dan lain-lain.

Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut maka sudah seharusnya kita mengetahui cara diet alami dan sehat untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk.

Banyak cara yang ditawarkan dan mudah ditemukan, baik melalui media cetak maupun media online. Namun sekedar kami mengingatkan bahwa hati-hatilah terhadap tindakan yang anda lakukan. Fahami dengan seksama apa yang akan anda lakukan, baik dari segi manfaat maupun efek samping yang akan ditimbulkan. Jangan pertaruhkan kesehatan anda hanya untuk mendapatkan tubuh langsing.

Beberapa kesalahan umum yang sering ditemukan pada saat menerapkan diet

  1. Mengurangi frekuensi makan yang berlebihan
  2. Ngemil snack tanpa mengetahui kandungan gizi yang ada pada snack tersebut.
  3. Mengurangi makan dan mengkonsumsi minuman berkalori seperti kopi dengan krim, minuman bersoda dan lain-lain.
  4. Jarang minum air mineral selama diet.
  5. Target turun berat badan yang tidak realistis.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini kami menyajikan informasi bagi anda yang ingin mendapatkan tubuh sehat dan ideal yang kami rangkum dalam judul:

9 Cara Diet Sehat dan Alami untuk Mendapatkan Tubuh Ideal


Cara Diet Sehat dan Alami
Cara Diet Sehat dan Alami

Simak dan fahami dengan seksama metode-metode berikut:

Buat Target Realistis


Membuat target sangat membantu dalam proses diet sehat dan alami. Namun perlu disadari bahwa untuk melakukan diet sehat dan alami tidak bisa didapatkan secara instan dalam jangka waktu yang singkat.

Buatlah target yang realistis dan wajar, menurunkan berat badan secara sehat sekaligus dalam seminggu adalah hal yang tidak  mungkin. Tetapkanlah target yang mungkin untuk dicapai, misalnya menurunkan 1 Kg berat badan dalam seminggu, tidak mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan lain yang mengandung kadar gula tinggi serta target-target kecil lainnya tanpa mengabaikan kenyamanan kita dalam beraktifitas.

Optimis


Selain kita membuat rencana-rencana diet yang sehat, kita juga harus memiliki sikap dan pikiran positif bahwa kita pasti akan berhasil dan jauh dari rasa putus asa.

Dengan rasa optimis tersebut kita dapat terdorong untuk menghindarkan pikiran dari berbagai jenis makanan penggagal diet. Dengan rasa optimis tersebut kita semakin fokus dan memiliki kemampuan yang berasal dari pikiran kita sendiri.

Olahraga


Olahraga dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh dan juga menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Oleh karena itu kita disarankan untuk melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit dalam sehari.

Beberapa olahraga kecil dan sederhana namun memiliki besar manfaat adalah jalan kaki, joging, sit up, push up dan lain-lain. Biasakan sebelum berolahraga kita lakukan pemanasan terlebih dahulu. Bila hal ini dilakukan secara rutin maka dapat membantu penurunan berat badan dan kesehatan sekaligus.

Minum Air Mineral


Air mineral sangat bermanfaat bagi tubuh yang sebagian besar tersusun dari cairan. Dengan mengkonsumsi air mineral sebelum makan maka akan mengurangi porsi makan kita sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Dengan membiasakan minum air putih kita akan memperoleh banyak manfaat seperti yang telah kami tulis pada artikel kami sebelumnya yang berjudul "Manfaat Minum Air Puti Di Pagi Hari untuk Kesehatan".

Makan Makanan Kaya Serat


Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak serat seperti alpukat, pepaya, pisang, brokoli, kubis, jagung, pir, beras merah dan lain-lain. Silakan cari informasi lainnya terkait makanan yang berserat tinggi.

Banyak manfaat yang kita peroleh dengan mengkonsumsi makanan kaya serat selain untuk membantu diet juga berfungsi untuk kesehatan tubuh. Berbagai penyakit berbahaya dapat dicegah hanya dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Oleh karena itu, biasakannlah menjadikan makanan berserat sebagai konsumsi bagi keluarga serta menghindari makanan cepat saji.

Tingkatkan Frekuensi Kurangi Porsi


Yang banyak dilakukan oleh sebagian besar orang yang berupaya menurunkan berat badan adalah mengurangi frekuensi makan tanpa memperhatikan porsi makanan.

Padahal, cara tersebut malah dapat menimbulkan masalah baru bagi kesehatannya. Walaupun frekuensi makan tetap sama atau bahkan lebih sering asalkan porsinya dikurangi dan jangan lupa perhatikan jenis makanan yang dimakan pada jam-jam tertentu.

Hindari Makan Lebih dari Jam 6


Makan pagi atau sarapan merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan energi dalam melakukan aktifitas seharian. Begitu pula dengan makan siang.

Kebutuhan energi tersebut berlaku tinggi sejak aktifitas pagi hingga sore hari. Namun sebagian orang memenuhi kebutuhan energi secara maksimal pada siang hari.

Jika sedang melakukan diet untuk mendapatkan tubuh ideal, sebaiknya perbanyak porsi sarapan pada pagi hari sebelum jam 6 pagi. Pada siang hari dapat diperkecil lagi, misalnya hanya dengan mengkonsumsi buah. Begitu pula dengan malam hari karena aktifitas sudah semakin ringan dan membutuhkan energi lebih sedikit dari siang hari.

Hindari Snack Kandungan Gula Tinggi


Upaya yang tidak kalah pentingnya adalah tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi, termasuk mengkonsumsi snack yang berkadar gula tinggi.

Sebagian orang melakukan diet namun banyak mengkonsumsi snack tanpa memperhatikan kandungan gizinya sehingga mereka gagal dan putus asa.

Jika terpaksa harus mengkonsumsi snack, sebisanya kita memperhatikan kandungan gizi. Jika mengandung banyak kadar gula, sebaiknya hindarilah.

Minum Air Jeruk Nipis Pagi Hari


Jerik nipis kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mencegah berbagai penyakit berbahaya. Vitamin C juga berperan dalam menyerap kalsium dalam lemak sehingga dapat menurunkan berat badan.

Peraslah jeruk nipis pada segelas air hangat lalu minum, lakukan hal ini setiap pagi. Hal ini dapat membantu menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Cara Diet Sehat dan Alami untuk Mendapatkan Tubuh Ideal"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel