Frambusia: Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Pencegahan

Frambusia disebut juga patek atau puru, disebabkan oleh Treponema pertenue, dan hanya terdapat di daerah tropis yang tinggi kelembabannya serta pada masyarakat dengan sosio-ekonomi rendah. Penyakit ini menyerang kulit umumnya di tungkai bawah, bentuk destruktif menyerang juga tulang dan periosteum.

Penyebab

Frambusia disebabkan oleh bakteri Treponema pertenue. Frambusia menyebar melalui kontak langsung dengan cairan dari luka orang yang terinfeksi. Kontak biasanya bersifat non-seksual. Penyakit ini paling umum pada anak-anak, yang menyebarkannya dengan bermain bersama-sama.

Gambaran klinis

Adapun gambaran klinis frambusia adalah sebagai berikut:
  • Pada stadium awal ditemukan kelainan pada tungkai bawah berupa kumpulan papula dengan dasar eritem yang kemudian berkembang menjadi borok dengan dasar bergranulasi. Kelainan ini sering mengeluarkan serum bercampur darah yang banyak mengandung kuman. Stadium ini sembuh dalam beberapa bulan dengan parut atrofi. Atau, bersamaan dengan ini timbul papula bentuk butiran sampai bentuk kumparan yang tersusun menggerombol, berbentuk korimbiformis, atau melingkar di daerah lubang-lubang tubuh (anus, telinga, mulut, hidung), muka dan daerah lipatan.
  • Papul kemudian membasah, mengeropeng kekuningan.
  • Pada telapak kaki dapat ditemukan keratodermia. Keadaan ini berlangsung 3 - 12 bulan.
  • Bila penyakit berlanjut, periosteum, tulang, dan persendian akan terserang. Dalam keadaan ini dapat terjadi destruksi tulang yang terlihat dari luar sebagai gumma atau nodus. Destruksi tulang hidung menyebabkan pembengkakan akibat eksostosis yang disebut goundou.

Frambusia

Pencegahan

Salah satu cara pencegahan adalah dengan menyembuhkan mereka yang menderita penyakit sehingga mengurangi risiko penularan. Pada daerah dengan banyak penderita, memberikan pengobatan kepada seluruh masyarakat efektif untuk mengatasi frambusia. Meningkatkan kebersihan dan sanitasi juga akan menurunkan penyebarannya.

Perhatian

Jika terdapat penyakit seperti yang disebutkan diatas, segera hubungi petugas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Frambusia: Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Pencegahan"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel