Hordeolum: Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Pencegahan

Hordeolum adalah suatu infeksi pada satu atau beberapa kelenjar di tepi atau di bawah kelopak mata. Bisa terbentuk lebih dari 1 hordeolum pada saat yang bersamaan. Hordeolum biasanya muncul dalam beberapa hari dan bisa kambuh secara spontan.

Hordeolum merupakan infeksi bakteri dari kelenjar minyak di kelopak mata yang menghasilkan benjolan lembut di tepi kelopak mata, yang mana bisa mempengaruhi bagian luar atau bagian dalam kelopak mata.

Hordeolum internum adalah abses akut pada kelopak mata yang disebabkan oleh infeksi Stafilokokus pada kelenjar Meibomian, dengan penonjoloan mengarah ke konjungtiva.

Hordeolum eksternum disebabkan oleh infeksi stafilokokus yang memberikan gambaran abses akut yang terlihat pada folikel bulu mata dan kelenjar Zeis atau Moll. Hordeolum eksternum sering ditemukan pada anak-anak.

Penyebab

Hordeolum adalah infeksi akut pada kelenjar minyak di bawah kelopak mata yang disebabkan oleh bakteri dari kulit (biasanya di sebabkan oleh bakteri stafilokokus). Hordeolum sama dengan jerawat kulit. Kadang timbul bersamaan dengan atau sesudah blefaritis, bisa juga secara berulang.

Gambaran Klinis

Gambaran klinis hordeolum adalah sebagai berikut:
  • Biasa berawal dengan kemerahan, nyeri bila ditekan dan nyeri pada tepi kelopak mata.
  • Mata mungkin berair, peka terhadap cahaya terang dan penderita merasa ada sesuatu di dalam matanya. Biasanya hanya sebagian kecil di daerah kelopak yang membengkak, meskipun ada seluruh  kelopak membengkak.
  • Di tengah daerah yang membengkak sering kali terlihat bintik kecil yang berwarna kekuningan.
  • Bisa terbentuk abses yang cenderung pecah dan melepaskan sejumlah nanah.

Gejala dan tanda klinis Hordeolum Internum:
  • Benjolan pada kelopak mata yang dirasakan sakit.
  • Benjolan dapat membesar ke posterior (konjungtiva tarsal) atau anterior (kulit).

Gejala dan tanda klinis Hordeolum Eksternum:
  • Benjolan yang dirasakan sakit pada kelopak di daerah margo palpebra.
  • Penonjolan mengarah ke kulit palpebra.
  • Kemungkinan terjadi lesi multiple. 

Hordeolum
Hordeolum

Pencegahan

Pencegahannya adalah selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh di sekitar mata. Bersihkan minyak yang berlebihan di tepi kelopak mata secara perlahan.

Perhatian

Apabila ditemukan penyakit seperti yang disebutkan diatas, segera bawa penderita ke petugas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.