Kriteria: 1.1.3. Peluang Pengembangan Diidentifikasi dan Ditanggapi secara Inovatif

Pada persiapan akreditasi puskesmas, salah satu standar yang harus dilakukan bahwa peluang pengembangan dalam penyelenggaraan upaya Puskesmas dan pelayanan diidentifikasi dan ditanggapi  secara inovatif. Pada pembahasan sebelumnya kami telah membahas Kriteria 1.1.2 : Dilakukan Pembahasan Bersama dengan Masyarakat secara Proaktif.

Kriteria: 1.1.3. Peluang pengembangan dalam penyelenggaraan upaya Puskesmas dan pelayanan diidentifikasi dan ditanggapi  secara inovatif.


Pokok Pikiran


Kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan tidak sama antara daerah yang satu dengan daerah yang lain, prioritas masalah kesehatan dapat berbeda antar daerah, oleh karena itu perlu diidentifikasi peluang pengembangan Upaya dan kegiatan Puskesmas, serta peluang perbaikan mutu dan kinerja.

Akreditasi Puskesmas : Kriteria 1.1.3
Akreditasi Puskesmas : Kriteria 1.1.3

Elemen Penilaian


  • Peluang pengembangan dalam penyelenggaraan upaya Puskesmas dan pelayanan diidentifikasi dan ditanggapi untuk perbaikan

Demi perbaikan pelayanan puskesmas, Kepala Puskesmas, Penanggung jawab Program/Upaya Puskesmas, dan pelaksana kegiatan harus melakukan identifikasi dan respons peluang pengembangan pelayanan. Identifikasi peluang pengembangan dapat dilihat dari segi sarana parasarana, akses informasi, dukungan lintas sektor, trend masalah kesehatan dan lain-lain.

Identifikasi dibuat dalam sebuah format sesuai kebutuhan yang mudah dipahami dan diinterpretasikan. Daftar tersebut memuat seluruh hasil identifikasi peluang pengembangan.

Setelah diidentifikasi, daftar kegiatan atau program ditindaklanjuti dan dilaksanakan sesuai dengan rencana. Jangan lupa buat pula dokumen telusur ketika pelaksanaan kegiatan agar menjadi bukti bahwa kegiatan telah benar-benar dilaksanakan.

  • Didorong adanya inovasi dalam pengembangan pelayanan, dan diupayakan pemenuhan kebutuhan sumber daya

Kepala puskesmas memberikan motivasi kepada Penanggung jawab Program/Upaya Puskesmas, pelaksana kegiatan untuk melakukan inovasi melalui diterapkannya siklus PDSA/PDCA. Motivasi dapat disampaikan melalui rapat-rapat atau penyampaian ketika apel.

Sebagai bukti bahwa adanya motivasi dari kepala puskesmas maka terlaksanalah inovasi perbaikan program/pelayanan di Puskesmas dengan metoda PDSA/PDCA. Oleh karena itu, siapkan bukti-bukti pelaksanaan inovasi perbaikan program/pelayanan di Puskesmas dengan metoda PDSA/PDCA.

  • Mekanisme kerja dan teknologi diterapkan dalam pelayanan untuk memperbaiki mutu pelayanan dalam rangka memberikan kepuasan kepada pengguna pelayanan.

Inovasi perbaikan program/pelayanan di Puskesmas dengan metoda PDSA/PDCA meliputi Perbaikan dalam mekanisme kerja (SOP) dan penggunaan teknologi.

Perbaikan mekanisme kerja (SOP) dapat ditunjukan dengan adanya SOP yang telah melalui proses perubahan (perbaikan) untuk perbaikan mutu pelayanan, dilengkapi pula dengan rekapan daftar SOP yang pernah mengalami perubahan.

Penggunaan teknologi menyesuaikan dengan kebutuhan dalam upaya perbaikan mutu pelayanan. Buat daftar penggunaan teknologi dalam pelaksanaan pelayanan puskesmas. Setiap penggunaan teknologi tetap melalui siklus PDSA/PDCA.

Perhatian:

Setiap elemen penilaian pada kriteria ini memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya, sehingga kriteria ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam sebuah proses untuk pengembagan pelayanan secara inovatif.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Silakan berikan komentar anda pada kolom komentar dibawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kriteria: 1.1.3. Peluang Pengembangan Diidentifikasi dan Ditanggapi secara Inovatif"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel