Luka Bakar: Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Pertolongan

Luka Bakar adalah cedera pada jaringan tubuh akibat panas, bahan kimia maupun arus listrik.

Penyebab

Penyebab terjadinya luka bakar adalah akibat panas, bahan kimia maupun arus listrik.

Gambaran Klinis

Gambaran klinis luka bakar dapat digambarkan bahwa beratnya luka bakar tergantung kepada jumlah jaringan yang terkena dan kedalaman luka:

Luka bakar derajat I

Merupakan luka bakar yang paling ringan. Kulit yang terbakar menjadi merah, nyeri, sangat sensitif terhadap sentuhan dan lembab atau membengkak. Jika ditekan, daerah yang terbakar akan memutih; belum terbentuk lepuhan.

Luka bakar derajat II

Menyebabkan kerusakan yang lebih dalam. Kulit melepuh, dasarnya tampak merah atau keputihan dan terisi oleh cairan kental yang jernih. Jika disentuh warnanya berubah menjadi putih dan terasa nyeri.

Luka bakar derajat III

Menyebabkan kerusakan yang paling dalam. Permukaannya bisa berwarna putih dan lembut atau berwarna hitam, hangus dan kasar. Kerusakan sel darah merah pada daerah yang terbakar bisa menyebabkan luka bakar berwarna merah terang. Kadang daerah yang terbakar melepuh dan rambut / bulu di tempat tersebut mudah dicabut dari akarnya. Jika disentuh, tidak timbul rasa nyeri karena ujung saraf pada kulit telah mengalami kerusakan. Jika jaringan mengalami kerusakan akibat luka bakar, maka cairan akan merembes dari pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan. Kehilangan sejumlah besar cairan karena perembesan tersebut bisa menyebabkan terjadinya syok. Tekanan darah sangat rendah sehingga darah yang mengalir ke otak dan organ lainnya sangat sedikit.

Salah Satu Penyebab Luka Bakar
Salah Satu Penyebab Luka Bakar

Pertolongan Pertama Luka Bakar

Pemabhasan mengenai luka bakar telah kami bahas pada artikel sebelumnya yang berjudul "Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar".

Demikian pembahasan mengenai luka bakar, semoga dapat bermanfaat. Silakan bagikan, mungkin ada orang lain yang membutuhkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Luka Bakar: Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Pertolongan"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel