Pelaksanaan Survei Akreditasi Di Puskesmas Lokotoy dan Puskesmas Matanga

Salah satu tahapan dalam proses persiapan akreditasi puskesmas adalah pelaksanaan survei. Survei dilakukan setelah puskesmas yang bersangkutan melalui beberapa tahapan pendampingan. Setelah dinyatakan siap untuk dilakukan survei maka Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota megusulkan puskesmas untuk dilakukan survei.

Tahun ini, Kabupaten Banggai Laut melaksanakan survei akreditasi untuk dua puskesmas yaitu Puskesmas Lokotoy Kecamatan Banggai Utara dan Puskesmas Matanga Kecamatan Banggai Selatan.

Pelaksanaan survei pada kedua puskesmas tersebut merupakan survei ramedial dimana sebelumnya pernah dilakukan survei dan dinyatakan tidak lulus pada tahun 2017.

Setelah melalui proses persiapan yang cukup panjang, akhirnya pada tanggal 27 - 30 Agustus 2018 kedua puskesmas tersebut resmi disurvei kembali oleh tim khusus dari komisi akreditasi puskesmas.

Adapun surveior yang datang melakukan survei adalah sebagai berikut:
  1. dr. Marwan Nusri, MPH sebagai surveior Admen;
  2. dr. Anasrul S sebagai surveior UKM;
  3. dr. Made S sebagai surveior UKP.

Ketiga orang surveior tersebut melakukan survei pada kedua puskesmas sekaligus didampingi oleh seorang staf Mutu dan Akreditasi Yankes Primer Kementrian Kesehatan RI bernama Telly Verawati, SKM,M.Kes.

Selain pendamping akrediatasi puskesmas, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB, Sekretari, Kepala Bidang dan beberapa staf juga ikut bersama dipuskesmas selama pelaksanaan survei.

Exit Conference Survei Akreditasi Puskesmas
Exit Conference Survei Akreditasi Puskesmas

Survei Akreditasi Tim ADMEN oleh dr. Marwan Nusri, MPH
Survei Akreditasi Tim ADMEN oleh dr. Marwan Nusri, MPH

Survei Akreditasi Tim UKM oleh dr. Anasrul S
Survei Akreditasi Tim UKM oleh dr. Anasrul S

Survei Akreditasi Tim UKP oleh dr. Made S
Survei Akreditasi Tim UKP oleh dr. Made S


Sebagaimana yang dinyatakan oleh surveior bahwa kedua puskesmas tersebut telah menampilkan perbedaan yang signifikan dari pelaksanaan survei sebelumnya. Semua ini berkat kerja keras dari kedua puskesmas dan berbagai pihak yang terlibat dalam persiapan tersebut.

Berikut ini video mars Puskesmas Lokotoy yang dinyanyikan saat pelaksanaan exit conference:


Mungkin ada diantara pembaca yang bertanya-tanya mengapa mereka tidak lulus pada pelaksanaan survei sebelumnya. Hal ini tentu bukan sesuatu yang tanpa alasan, namun yang perlu diketahui bahwa waktu persiapan saat itu yang cukup singkat sehingga mereka (puskesmas) tidak cukup waktu untuk mempersiapkan banyaknya dokumen sesuai dengan elemen penilaian yang ada.

Semoga kali ini kita berharap kedua puskesmas tersebut akan mendapatkan hasil yang lebih meuaskan sebanding dengan kerja keras yang telah mereka lakukan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pelaksanaan Survei Akreditasi Di Puskesmas Lokotoy dan Puskesmas Matanga"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel