4 Penyebab Tangan Kesemutan, Jangan Diabaikan

Penyebab tangan kesemutan masih jarang diketahui. Sebagian besar orang merasa bahwa tangan kesemutan (baal) bukanlah permasalahan serius bagi kesehatannya. Mereka cenderung mengabaikan dan cenderung tidak mencari solusi atas permasalahan tersebut. Padahal, jika dilihat dari penyebabnya mungkin mereka akan berpikir lebih untuk mencari solusinya.

Kecenderungan mengabaikan kemungkinan karena mereka belum merasa sangat terganggu atas apa yang mereka rasakan. Ada juga yang sudah merasa terganggu namun belum tahu harus berbuat apa dan tidak melakukan pemeriksaan ke dokter karena masih bisa melakukan aktifitas sehari-hari.

Ada juga orang yang sudah merasakan lemah menggenggam sesuatu karena kesemutan yang ia rasakan dan masih saja berdiam diri atau tidak mau berkunjung ke dokter untuk memeriksakan diri.

Sebagaimana kami sebutkan diatas bahwa jika mereka mengetahui penyebabnya pastilah mereka akan segera mencari solusi untuk mengatasinya. Karena, beberapa penyebab yang mengakibatkan terjadinya tangan kesemutan dapat berakibat yang sangat fatal jika dibiarkan. Yang dirasakan hanyalah sebagian kecil dari tanda-tanda penyakit tersebut.

Bila penyebab dihilangkan, maka tangan kesemutan tersebut akan berangsur-angsur pulih. Oleh karena itu, sebaiknya kita perlu mengetahui penyebabnya agar dapat mengatasinya. Walaupun ada sebagian penyebab yang dapat hilang walaupun tanpa melalui proses pengobatan, misalnya adanya tekanan pada tangan sehingga menghambat aliran darah pada tangan.

Tangan Kesemutan
Tangan Kesemutan

Sebagaimanan dilansir pada situs alodokter.com yang berjudul Penyebab Tangan Kesemutan Tidak Sesepele Kelihatannya, dituliskan setidaknya ada 4 penyebab tangan kesemutan, sebagai berikut:

Carpal tunnel syndrome (CTS)

Salah satu penyebab tangan kesemutan kronis adalah carpal tunnel syndrome atau sindrom terowongan karpal. Kondisi ini merupakan salah satu jenis kerusakan saraf yang disebabkan oleh tekanan berulang dan iritasi saraf medianus pada tangan. Salah satu cirinya adalah tangan kesemutan (terutama pada malam hari), pergelangan tangan sakit, lemah atau tidak ada kekuatan saat menggenggam barang, atau gangguan koordinasi tangan.Penyakit ini bisa terjadi karena trauma akibat pekerjaan yang dilakukan secara terus-menerus. Beberapa orang yang berisiko mengalami kondisi ini adalah mereka yang sering bekerja dengan menggunakan tangan untuk mengetik, menulis, atau mengepak barang.

Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis pada tangan dapat menimbulkan gejala-gejala CTS, termasuk kesemutan pada tangan dan pergelangan tangan. Sensasi tangan kesemutan ini biasanya kian mengganggu terutama di malam tiba.Gejala lain yang timbul dari rheumatoid arthritis di tangan adalah sendi tangan dan jari-jari yang terasa hangat, bentuk sendi tampak cacat, serta nyeri atau kekakuan saat bangun tidur yang berlangsung lebih dari satu jam.

Diabetes

Tangan kesemutan kronis juga bisa terjadi jika pembuluh darah kecil terganggu. Jika yang rusak adalah pembuluh darah yang memasok saraf di jari tangan, Anda bisa merasa kesemutan, sakit, atau mati rasa. Hal ini dapat menimpa para penderita diabetes. Kondisi ini dapat menyebabkan tangan mati rasa, sehingga seseorang bisa mengalami luka tanpa rasa sakit. Seperti diketahui, luka pada penderita diabetes susah sembuh dan bisa berkembang menjadi gangren.

Kerusakan saraf

Tangan kesemutan bisa juga disebabkan oleh kerusakan saraf. Penyebab kerusakan saraf pada tangan bisa terjadi karena infeksi, cedera, atau penggunaan tangan secara berlebihan. Misalnya jika seseorang dalam pekerjaannya secara teratur mengoperasikan mesin yang bergetar, maka tangannya akan mengalami kerusakan saraf dan mengakibatkan kesemutan. Keadaan ini biasa disebut dengan ‘sindrom getaran tangan dan lengan’.Kesemutan dalam jangka panjang bisa juga disebabkan oleh penyakit yang menyebabkan kerusakan sistem saraf yang tidak hanya berada di tangan. Akibat rusaknya sistem saraf, maka pada area saraf tersebut bisa mengalami kesemutan. Penyakit yang memiliki potensi demikian adalah stroke, multiple sclerosis, dan tumor otak. Meski kondisi ini serius, namun kasusnya jarang terjadi dan biasanya gejalanya bukan hanya kesemutan semata.

Keempat kondisi tersebut merupakan penyakit yang berbahaya jika tidak mendapat pertolongan segera. Oleh karena itu, jika anda mengalami tangan kesemutan yang tidak kunjung hilang dalam jangka waktu lama maka segera periksakan diri anda ke dokter terdekat untuk mendapat penanganan yang tepat.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال