Pengertian Epidemiologi

Epidemiologi bukan lagi hal baru bagi para tenaga kesehatan. Namun juga tidak menutup kemungkinan masih ada yang ingin mengetahui mengenai pengertian epidemiologi tersebut. Oleh karena itu, melalui tulisan ini kami berbagi kepada para pembaca Mitra Kesmas tentang Pengertian dan Perkembangan Epidemiologi.


Epidemiologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu:
  1. Epi : pada atau tentang,
  2. Demos : penduduk,
  3. Logos : ilmu pengetahuan.

Dari ketiga kata tersebut, maka epidemilogi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang penduduk.

Dalam pengertian moderen, epidemiologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang Frekuensi dan Distribusi (Penyebaran) serta Determinat masalah kesehatan pada sekelompok orang/masyarakat serta Determinannya (Faktor – factor yang Mempengaruhinya).

Epidemiologi tidak hanya terbatas pada penyakit-penyakit menular saja melainkan meliputi Penyakit Tidak Menular.

Epidemiologi
Epidemiologi

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, para ahli memberikan definisi terkait epidemiologi. Beberapa diantara pengertian-pengertian yang dikemukakan oleh para ahli tersebut adalah sebagai berikut:

Pengertian Epidemiologi menurut Greenwood ( 1934 )

Mengatakan bahwa Epidemiologi mempelajari tentang penyakit dan segala macam kejadian yang mengenai kelompok ( herd ) penduduk.

Kelebihannya adalah adanya penekanan pada Kelompok Penduduk yang mengarah kepada Distribusi suatu penyakit.

Pengertian Epidemiologi menurut Wade Hampton Frost (1972)

Mendefinisikan Epidemiologi sebagai Suatu pengetahuan tentang fenomena massal (Mass Phenomen) penyakit infeksi atau sebagai riwayat alamiah (Natural History) penyakit menular.
Di sini tampak bahwa pada waktu itu perhatian epidemiologi hanya ditujukan kepada masalah penyakit infeksi yang terjadi/mengenai masyarakat/massa.

Pengertian Epidemiologi menurut Brian Mac Mahon (1970)

Epidemiologi adalah Studi tentang penyebaran dan penyebab frekwensi penyakit pada manusia dan mengapa terjadi distribusi semacam itu. Di sini sudah mulai menentukan Distribusi Penyakit dan mencari Penyebab terjadinya Distribusi dari suatu penyakit.

Pengertian Epidemiologi menurut Anders Ahlbom dan Staffan Norel (1989)

Epidemiologi adalah Ilmu Pengetahuan mengenai terjadinya penyakit pada populasi manusia.


Pengertian Epidemiologi menurut Hirsch (1883)

Epidemiologi adalah suatu gambaran kejadian, penyebaran dari jenis – jenis penyakit pada manusia pada saat tertentu di berbagai tempat di bumi dan mengkaitkan dengan kondisi eksternal.

Pengertian Epidemiologi menurut Abdel R. Omran (1974)

Epidemiologi adalah suatu ilmu mengenai terjadinya dan distribusi keadaan kesehatan, penyakit dan perubahan pada penduduk, begitu juga determinannya serta akibat – akibat yang terjadi pada kelompok penduduk.

Pengertian Epidemiologi menurut Robert H. Fletcher (1991)

Epidemiologi adalah disiplin riset yang membahas tentang distribusi dan determinan penyakit dalam populasi.

Pengertian Epidemiologi menurut Moris (1964)

Epidemiologi adalah suatu pengetahuan tentang sehat dan sakit dari suatu penduduk.

Pengertian Epidemiologi menurut Lilienfeld (1977)

Epidemiologi adalah suatu metode pemikiran tentang penyakit yang berkaitan dengan penilaian biologis dan berasal dari pengamatan suatu tingkat kesehatan populasi.
 

Pengertian Epidemiologi menurut WHO

Selain pengertian menurut para ahli sebagaimana yang disebutkan diatas, terdapat juga pengertian yang dijabarkan oleh WHO, sebagai berikut:

"Epidemiologi merupakan studi tentang distribusi  dan determinan kesehatan yang berkaitan dengan kejadian di  populasi  dan aplikasi dari studi untuk pemecahan masalah kesehatan."

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Untuk mendapatkan update artikel dari Mitra Kesmas, silakan berlangganan melalui kolom BERLANGGANAN yang ada di bawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Epidemiologi"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel