Sirosis Hati: Definisi, Penyebab dan Gambaran Klinis

Sirosis adalah kelainan hati dimana terdapat nekrosis, fibrosis dan regenerasi. Penyakit ini berkembang perlahan dan mengakibatkan jaringan sehat digantikan oleh jaringan parut. Jaringan parut akan menghambat aliran darah yang melewati hati sehingga kinerja hati menjadi terganggu atau bahkan terhenti.

Penyebab

Penyebab sirosis hati meliputi antara lain infeksi virus, parasit, obat-obatan dan bahan kimia, kelainan bawaan dan obstruksi bilier.

Gambaran Klinis

Gambaran klinis sirosis hati dapat ditandai dengan beberapa hal berikut:
  • Beberapa penderita sirosis ringan tidak memiliki gejala dan nampak sehat selama bertahun-tahun. Penderita lainnya mengalami kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan dan merasa sakit.
  • Jika aliran empedu tersumbat selama bertahun-tahun, bisa terjadi sakit kuning (jaundice), gatal-gatal dan timbul nodul kecil di kulit yang berwarna kuning, terutama di sekeliling kelopak mata.
  • Malnutrisi biasa terjadi karena buruknya nafsu makan dan terganggunya penyerapan lemak dan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak, yang disebabkan oleh berkurangnya produksi garam-garam empedu.
  • Kadang-kadang terjadi batuk darah atau muntah darah karena adanya perdarahan dari vena varikosa di ujung bawah kerongkongan (varises esofageal). Pelebaran pembuluh darah ini merupakan akibat dari tingginya tekanan darah dalam vena yang berasal dari usus menunju ke hati. Tekanan darah tinggi ini disebut sebagai hipertensi portal, yang bersamaan dengan jeleknya fungsi hati, juga bisa menyebabkan terkumpulnya cairan di dalam perut (asites).
  • Bisa juga terjadi gagal ginjal dan ensefalopati hepatikum.
  • Gejala-gejala penyakit hati lainnya bisa terjadi, seperti:
  1. kelemahan otot
  2. kemerahan di telapak tangan (eritema palmaris)
  3. jari-jari tangan melekuk keatas (kontraktur telapak tangan)
  4. vena-vena kecil yang memberikan gambaran seperti laba-laba.
  5. pembesaran payudara dan pinggul pada laki-laki (ginekomastia)
  6. pembesaran kelenjar ludah di pipi
  7. rambut rontok
  8. buah zakar mengecil (atrofi testis)
  9. fungsi saraf abnormal (neuropati perifer).

Liver normal dengan yang menderita Sirosis Hati
Liver normal dengan yang menderita Sirosis Hati

Perhatian

Jika terdapat penyakit sirosis hati sebagaimana yang disebutkan diatas, segera bawa penderita ke petugas kesehatan terdekat untuk mendapat pertolongan atau pengobatan yang tepat.