Struma (Gondok): Definisi, Penyebab dan Gambaran Klinis

Struma (gondok) adalah istilah untuk pembesaran kelenjar tiroid. Disebut struma endemik bila struma ini ditemukan pada banyak orang dalam suatu populasi. Ini biasanya terjadi di daerah yang makanan penduduknya kurang mengandung iodium. Penyakit ini umumnya muncul pada masa pubertas atau kehamilan.

Penyebab

Pada keadaan tertentu struma disebabkan oleh zat goitrogenik seperti PAS, sulfonilurea, litium atau iodium dosis tinggi.

Gambaran Klinis

Adanya kelainan dishormonogenesis tiroid perlu dicurigai apabila ditemukan:
  • Gondok yang secara familial terdapat di daerah nonendemis.
  • Adanya kretin di daerah nonendemis.
  • Adanya gondok dengan hipotiroidisme tanpa tanda Hashimoto.Adanya gondok disertai dengan gangguan pendengaran (tuli dan sebagainya).
  1. Penderita dengan hipotiroidisme ringan datang dengan keluhan lelah, nyeri otot, rambut rontok atau konstipasi, kadar T4 bebas biasanya rendah atau normal rendah, dengan kadar TSH meningkat.
  2. Sedangkan manifestasi klinik penderita dengan hipotiroidisme nyata, berupa kurang energi, rambut rontok, intoleransi dingin, berat badan naik, konstipasi, kulit kering dan dingin, suara parau, serta lamban dalam berpikir.
  3. Pada hipotiroidisme, kelenjar tiroid sering tidak teraba. Kemungkinan terjadi karena atrofi kelenjar akibat pengobatan hipertiroidisme memakai yodium radioaktif sebelumnya atau setelah tiroditiditis autoimun.

Struma (Gondok)
Struma (Gondok)

Perhatian

Jika didapatkan atau ada penyakit struma sebagaimana yang kami sebutkan diatas, segera bawa penderita ke petugas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Struma (Gondok): Definisi, Penyebab dan Gambaran Klinis"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel