Contoh Pembuatan SKP Guru Menggunakan Aplikasi - MITRA KESMAS

Contoh Pembuatan SKP Guru Menggunakan Aplikasi

Contoh pembuatan SKP Guru, baik guru SD, SMP maupun Guru SMA/SLTA pada dasarnya sama dengan SKP pegawai lainnya. Begitu pula bagi guru kelas, guru mata pelajaran maupun guru dengan jabatan maupun tanpa jabatan, misalnya kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala perpustakaan dan sebagainya. Yang berbeda hanyalah uraian kegiatan dan teknik penghitungan angka kredit dari masing-masing pegawai yang bersangkutan.

Semua jenis SKP Pegawai mengacu pada Perka BKN Nomor 1 Tahun 2013. Format dan beberapa ketentuan mengacu pada peraturan tersebut sehingga peraturan tersebut wajib untuk dipelajari bagi para PNS.

Format yang banyak beredar dikalangan pegawai terkait pembutan SKP dalam bentuk excel, dapat digunakan oleh semua pegawai. File tersebut terdiri dari sheet SKP, Pengukuran dan Penilaian. Namun ada sebagian yang sudah dimodifikasi namun masih mengacu pada ketentuan penilaian.

Ada sebagian orang yang juga menyediakan membagikannya dalam bentuk aplikasi yang sudah di desain sedemikian rupa agar memudahkan penggunanya.

Yang dibutuhkan dalam pembuatan SKP Guru menggunakan aplikasi adalah:
  1. File aplikasi SKP Guru; (klik link tersebut untuk keterangan lebih lanjut);
  2. Data kepegawaian yang bersangkutan, termasuk nilai PKG;
  3. Data pejabat penilai dan atasan pejabat penilai;
  4. Uraian kegiatan termasuk jumlah kegiatannya;
  5. Nilai perilaku yang diberikan atasan.
Pada aplikasi tersebut terdapat 5 (lima) sheet atau lembar kerja, yaitu Data dan PKG, SKP, Pengukuran, Penilaian dan Lampiran.

Contoh pembuatan SKP Guru Menggunakan Aplikasi Excel
Contoh SKP Guru

Langkah-langkah pembuatan SKP

Pembuatan menggunakan aplikasi ini hanya terdiri dari beberapa tahapan saja dan dapat dioperasikan oleh orang yang belum mahir di excel sekalipun, karena dilengkapi dengan petunjuk pengisian.

Adapun tahapan-tahapan yang perlu dilakukan adalah:
  1. Pengaturan/setting macro excel;
  2. Pengisian data yang dibutuhkan; dan
  3. Atur halaman kertas dan cetak.

Hanya membutuhkan tiga langkah tersebut kita sudah menghasilkan SKP Guru karena perhitungan angka kredit dan beberapa perhitungan lain sudah dilakukan otomatis pada aplikasi tersebut.

Untuk lebih jelasnya dan bagaimana memperoleh file aplikasi excel SKP Guru tersebut, silakan lanjutkan membaca pada tulisan kami sebelumnya yang berjudul "Aplikasi SKP Guru untuk Semua Jenis, Golongan dan Jabatan Guru".

Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "Contoh Pembuatan SKP Guru Menggunakan Aplikasi"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel