Langkah-Langkah Brainstorming (Curah Pendapat)

Briainstorming atau curah pendapat merupakan metode yang dilaksanakan untuk membangkitkan ide/gagasan/pendapat tentang topik atau masalah tertentu dari setiap anggota tim dalam periode waktu yang singkat dan bebas dari kritik.

Brainstorming sangat diperlukan dalam melakukan berbagai proses terkait dalam meningkatkan manajemen puskesmas, khususnya dalam proses perencanaan tingkat puskesmas.

Untuk lebih memaksimalkan pelaksanaannya, kita harus mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam melakukannya. Oleh karena itu, silakan perhatikan langkah-langkah brainstorming atau curah pendapat berikut ini:
  1. Tetapkan suatu topik/masalah sejelas mungkin
  2. Beri waktu beberapa saat kepada anggota untuk memahami dan memikirkannya.
  3. Tetapkanlah waktu yang akan digunakan untuk curah pendapat, misalnya 30-45 menit.
  4. Anggota tim menyampaikan ide.
  5. Apabila terdapat beberapa anggota yang mendominasi, gunakan curah pendapat terstruktur sehingga seluruh anggota mempunyai kesempatan yang sama. Bila yang dipilih secara terstruktur, anggota yang tidak menyampaikan pendapat pada gilirannya harus mengucapkan "pass" dan kesempatan diberikan pada anggota berikutnya.
  6. Beri dorongan agar anggota berani memberikan/mengajukan pendapat.
  7. Selama brainstorming berjalan, tidak dibenarkan menanggapi pendapat anggota yang sedang berbicara. Bila ini terjadi, pimpinan sidang harus segera menegur.
  8. Tuliskan setiap ide/gagasan tersebut pada flipchart sehingga dapat dilihat oleh seluruh anggota.
  9. Teruskan brainstorming sampai waktu yang telah ditetapkan habis.
  10. Lakukan klarifikasi, hilangkan sesuatu yang menyimpang dari topik atau duplikasi yang terjadi.
  11. Buat list pendek yang berhubungan dengan topik yangg dibahas.

Ilustrasi Brainstorming
Ilustrasi Brainstorming

Demikianlah langkah-langkah dalam pelaksanaan brainstorming, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk kita semua.