V-19 Balut, Aplikasi Berbasis Web untuk Pelaporan Vaksinasi Covid-19 Kab. Banggai Laut

Aplikasi V-19 Balut (Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banggai Laut) merupakan aplikasi pencatatan dan pelaporan Vaksinasi Covid-19 berbasis website yang dikembangkan oleh karena adanya kebutuhan data dan informasi yang valid, lengkap dan terbarukan demi mendukung percepatan pengendalian dan penanggulangan Pandemi Covid-19 melalui program Vaksinasi. Aplikasi V-19 Balut dikembangkan di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Banggai Laut dan dapat di gunakan oleh semua sektor yang membutuhkan data Vaksinasi Covid-19 serta 10 Puskesmas di Kabupaten Banggai Laut selaku pelaksana Vaksinasi Covid-19.

Aplikasi V-19 Balut berdampak signifikan pada percepatan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 karena dengan aplikasi ini memudahkan bagi para pengguna data dan informasi untuk memutuskan kebijakan terhadap pelaksanaan vaksinasi Covid-19, misalnya di Tingkat SATGAS Kabupaten Banggai Laut, Program Imunisasi Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB, Pemerintah Kecamatan, Puskesmas serta Pemerintah Desa, karena dengan aplikasi ini kita dapat memetakan sasaran dan capaian vaksinasi per Desa maupun per Kecamatan serta dosis vaksin yang diterima oleh sasaran Vaksinasi.

Penggunaan Aplikasi V-19 Balut menggunakan media online sehingga selain mempercepat pelaporan dan evaluasi juga sangat sesuai dengan kondisi Pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita meminimalisir kontak antara pengguna data dan informasi, cukup dengan mengakses link aplikasi, data sudah bisa ditampilkan sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut turut mengurangi risiko penularan Covid-19.


Beranda Aplikasi V-19 Balut
Tampilan Beranda Aplikasi V-19 Balut


LATAR BELAKANG PEMBUATAN APLIKASI V-19 BALUT

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia mengharuskan seluruh sektor untuk berupaya melakukan pencegahan dan pengendalian sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Termasuk salah satunya adalah pemberian vaksin kepada selurh masyarakat pada usia tertentu secara merata demi menciptakan kekebalan kelompok (Herd Imunity). Pelaksanaan vaksinasi harus dilaksanakan secara cepat dan merata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, termasuk meminimalisir kontak dan kerumunan.

Data dan Informasi Vaksinasi Covid-19 harus disediakan secara valid, lengkap dan terbarukan demi mendukung kebijakan percepatan penanggulangan dan pengendalian Covid-19. Disatu sisi, tenaga untuk pengolahan data sangat terbatas sehingga membutuhkan suatu sistim pencatatan dan pelaporan yang sistematis sehingga memberikan nilai efektif dan efisien dalam penyediaan data dan informasi.

Secara Nasional, aplikasi pencatatan dan pelaporan vaksinasi sudah disediakan diaplikasi PCare, namun dalam penggunaannya sangat terbatas, seperti pengelompokan usia dan wilayah.

Kondisi jaringan informasi dengan media online yang sudah hampir merata disetiap kecamatan di Kabupaten Banggai Laut, maka sangat memungkinkan untuk dikembangkan suatu metode pelaporan online yang efektif dan efisien serta turut meminimalisir penularan Covid-19.

TUJUAN

Tujuan pengembangan Aplikasi V-19 Balut adalah sebagai berikut:

  1. Mempercepat pencapaian target Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Banggai Laut serta merata di Seluruh Wilayah dan kelompok sasaran untuk mencapai Kekebalan Kelompok (Herd Imunity).
  2. Menyediakan data Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Banggai Laut secara valid, lengkap dan terbarukan. Baik untuk sektor kesehatan maupun sektor lain yang membutuhkan.
  3. Menyediakan data dan informasi yang mudah diakses sehingga mendukung kebijakan percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Banggai Laut.
  4. Menciptakan system kerja yang efektif dan efisien bagi pelaksana Vaksinasi khususnya bagi pengolah data vaksinasi.
  5. Mendukung salah satu protokol kesehatan penanggulangan Covid-19 yaitu meminimalisir kontak erat dan kerumunan.

ADAPTABILITAS

Ide pengembangan Aplikasi V-19 Balut dapat di dengan mudah diterapkan dengan pendekatan yang sama, baik untuk daerah, instansi maupun program lain sesuai kebutuhan, yang mana sistim pencatatan dan pelaporan berorientasi pada sistim pencatatan online ber basis website terbukti lebih efektif dan efisien dalam mendukung percepatan pelaksanan program dan kegiatan hingga pada pencapaian tujuan pada skala yang lebih besar.

Aplikasi V-19 Balut menggunakan metode programing PHP yang cukup sederhana dan cukup mudah sehingga tidak membutuhkan biaya besar dalam penerapannya. Hal ini terbukti dari penerapan aplikasi yang hanya dikembangkan secara mandiri dengan pembiayaan kecil.

Penggunaan pada daerah, instansi atau program lain dapat menyesuaikan dengan kebutuhan data yang bersangkutan. Aplikasi V-19 Balut secara umum menyajikan dua jenis data, yaitu data publik yang dapat diakses oleh masyarakat luas serta data private yang hanya dapat diakses oleh pengguna yang memiliki akun.

Aplikasi ini baru dikembangkan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk Kabupaten Banggai Laut pada Januari 2022 maka belum sembat diadaptasi/direplikasi/disesuaikan pada unit/instansi/daerah lain.

KEBERLANJUTAN

Untuk keberlanjutan program ini dibutuhkan Sumber Daya sebagai berikut:

1. Sumber Daya Manusia

Dibutuhkan tenaga yang faham tentang pengembangan aplikasi berbasis website serta pengguna sesuai program/kegiatan yang berkaitan yang dapat mengoprasikan aplikasi yang menggunakan media online.

Yang terlibat pada inovasi ini adalah: Pengelola program imunisasi Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Banggai Laut, Tim Data Vaksinasi Covid-19, Petugas Vaksinasi Covid-19 Puskesmas, Pemangku Kebijakan terkait Vaksinasi Covid-19 Baik internal maupun eksternal Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa serta seluruh sektor yang membutuhkan data vaksinasi Covid-19.

2. Peralatan atau Material

Peralatan yang dibutuhkan adalah perangkat yang bisa terkoneksi ke internet seperti smartphone atau PC.

3. Sumber Daya Keuangan

Berkaitan dengan pengembangan aplikasi ini, dibutuhkan pembiayaan hosting dan domain.

Strategi yang digunakan untuk keberlanjutan inovasi ini yaitu:

  1. Melakukan penyesuaian aplikasi dengan kebutuhan data pengguna.
  2. Berkoordinasi dengan para pengguna terkait pengembangan aplikasi.
  3. Mengadvokasi pihak Pemerintah Daerah untuk mendapatkan dukungan terhadap program inovasi yang dilakukan.
  4. Kaderisasi sumber daya manusia agar mampu melakukan pengembangan atau pengelolaan aplikasi secara mandiri dan berkesinambungan.

Faktor kekuatan (internal) diantaranya adalah tenaga pengembang aplikasi bertugas diinstansi Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Selain itu, para pengguna aplikasi adalah mereka yang melek atas penggunaan media online. Selain itu, data yang dibutuhkan untuk penginputan di aplikasi tersedia di fasilitas pelayanan kesehatan.

Faktor kekuatan (Eksternal) adalah semua wilayah kecamatan dapat mengakses internet sehingga aplikasi dapat digunakan dan diakses di seluruh wilayah Kabupaten Banggai Laut.

KOLABORASI PEMANGKU KEPENTINGAN

Aplikasi V-19 Balut bukan hanya digunakan di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melainkan akan digunakan juga oleh mereka yang membutuhkan data dan invormasi perkembangan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Banggai Laut, Seperti SATGAS Pengendalian dan Penanggulangan Covid-19, BPBD, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, TNI/POLRI,  bahkan Swasta dan masyarakat yang membutuhkan informasi tersebut.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال