Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Strategi Promosi Kesehatan Piagam Ottawa

Berdasarkan Piagam Ottawa, strategi promosi kesehatan mencakup 5 butir yaitu : 

1) Kebijakan berwawasan kesehatan (Healthy public policy)

Merupakan suatu strategi promosi kesehatan yang ditujukan kepada penentu atau pembuat kebijakan agar mereka mengeluarkan kebijakan-kebijakan publik yang mendukung atau menguntungkan kesehatan. 

2) Lingkungan yang mendukung (Supportive Environment)

Strategi ini ditujukan kepada para pengelola tempat umum termasuk pemerintah kota agar mereka menyediakan sarana-prasarana atau fasilitas yang mendukung terciptanya perilaku sehat bagi masyarakat. 

3) Reorientasi pelayanan kesehatan (Reorient Health Service)

Maksudnya adalah para penyelenggara pelayanan kesehatan baik pemerintah maupun swasta harus melibatkan bahkan memberdayakan masyarakat agar mereka juga dapat berperan bukan hanya sebagai penerima pelayanan kesehatan tetapi sekaligus sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan masyarakat. 

4) Keterampilan individu (Personel Skill)

Kesehatan masyarakat akan tercapai jika kesehatan individu-individu, keluarga-keluarga dan kelompok-kelompok tersebut tercapai. Oleh sebab itu, strategi untuk meningkatkan keterampilan individu sangatlah penting. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pemahaman-pemahaman kepada anggota masyarakat mengenai cara mencegah penyakit, cara memelihara kesehatan, mengenal penyakit dan lain-lain. Metode dan teknik pemahaman dilakukan secara individual. 

5) Gerakan masyarakat (Community Action)

Untuk mendukung perwujudan masyarakat yang mau dan mampu memelihara dan meningkatkan kesehatannya maka di dalam masyarakat itu sendiri harus ada gerakan atau kegiatan-kegiatan untuk kesehatan seperti senam lansia, car free day yang dilakukan setiap hari minggu, dan sebagainya.

Posting Komentar untuk "5 Strategi Promosi Kesehatan Piagam Ottawa"