Elemen Penilaian Akreditasi Puskesmas 5 Bab (Download PDF)

Elemen penilaian akreditasi Puskesmas terbaru terdiri dari 5 Bab sebagaimana yang ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Masyarakat NOMOR HK.02.02/D/4871/2023 tentang Instrumen Survei Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat.

Sistem akreditasi pelayanan kesehatan primer telah dibangun sejak tahun 2015, saat sistem akreditasi pelayanan kesehatan primer  mengacu kepada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2022 tentang Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan dan Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan dimaksud, dinyatakan bahwa akreditasi puskesmas dilakukan setiap 5 (lima) tahun.

Selain itu di dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional, diatur bahwa selain harus memenuhi persyaratan untuk dapat bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan tingkat termasuk puskesmas juga harus telah terakreditasi.

Elemen Penilaian Akreditasi Puskesmas
Elemen Penilaian Akreditasi Puskesmas

Sebelumnya, elemen penilaian akreditasi terdiri dari 9 Bab, setelah melalui beberapa telaah dan evaluasi maka dilakukan revisi menjadi 5 Bab.

Adapun poin-poin pada masing-masing bab adalah sebagai berikut:

Bab I : Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas (KMP);

Bab II : Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) yang Berorientasi pada Upaya Promotif dan Preventif;

Bab III : Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP), Laboratorium dan Keffarmasian;

Bab IV : Program Prioritas Nasional (PPN);

Bab V : Peningkatan Mutu Puskesmas (PMP).

Untuk mendapatkan instrumen penilaian untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan dokumen per masing-masing elemen penilaian, silakan Download Elemen Penilaian Akreditasi Puskesmas 5 Bab.

Itulah informasi yang dapat kami bagikan tentang elemen penilaian akreditasi Puskesmas yang terdiri dari 5 Bab, selamat mempersiapkan akreditasi Puskesmas Anda, semoga sukses.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال