Lambang Puskesmas Terbaru dan Artinya

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/04/26

Pada tahun 2014 telah diterbitkan Lambang Puskesmas Terbaru melalui Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Mungkin masih ada di antara kita yang ingin mengetahui tentang lambang puskesmas tersebut, maka melalui kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang lambang puskesmas tersebut serta arti dari masing-masing gambar pada lambang tersebut.

Berikut ini lambang puskesmas yang kami maksud, silakan di copy:
Lambang Puskesmas
Lambang Puskesmas

Lambang tersebut telah kami edit agar tidak memiliki bingkai pada saat penggunaannya, contohnya ketika kita membuat desain dengan background berwarna, maka tidak terlihat ada bingkai segi empat melainkan hanya ada gambar lambang puskesmas tersebut. Contoh penggunaannya dapat anda lihat pada gambar berikut:


Lambang Puskesmas
Lambang Puskesmas dengan Bingkai dan Tanpa Bingkai

Coba anda perhatikan penggunaan lambang tersebut, yang pertama menggunakan bingkai warna putih, sedangkan yang satunya lagi tidak. Mana yang akan anda pakai?

Beberapa ketentuan pada PMK Nomor 75 Tahun 2014 tentang pusat kesehatan masyarakat sehubungan dengan lambang tersebut:
  1. Bangunan Puskesmas harus memasang lambang puskesmas agar mudah dikenal oleh masyarakat.
  2. Lambang Puskesmas harus diletakkan di depan bangunan yang mudah terlihat dari jarak jauh oleh masyarakat.
Selain lambang, kami juga menyajikan pengertian dari lambang tersebut, tentunya berdasarkan PMK Nomor 75 Tahun 2014, sebagai berikut:

Bentuk segi enam (hexagonal), melambangkan:
  1. keterpaduan dan kesinambungan yang terintegrasi dari 6 prinsip yang melandasi penyelenggaraan Puskesmas.
  2. makna pemerataan pelayanan kesehatan yang mudah di akses masyarakat.
  3. pergerakan dan pertanggungjawaban Puskesmas di wilayah kerjanya.
Irisan dua buah bentuk lingkaran melambangkan dua unsur upaya kesehatan, yaitu:
  1. Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan masyarakat.
  2. Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan perorangan.
Stilasi bentuk sebuah bangunan, melambangkan Puskesmas sebagai tempat/wadah diberlakukannya semua prinsip dan upaya dalam proses penyelenggaraan kesehatan.
Bidang segitiga mewakili tiga faktor yang memengaruhi status derajat kesehatan masyarakat yaitu genetik, lingkungan, dan perilaku.

Bentuk palang hijau berbentuk segi enam melambangkan pelayanan kesehatan yang mengutamakan promotif preventif.

Warna hijau melambangkan tujuan pembangunan kesehatan yang diselenggarakan Puskesmas, dalam rangka mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Warna putih melambangkan pengabdian luhur Puskesmas.

Demikianlah yang dapat kami bagikan kepada Mitra Kesehatan Masyarakat tentang Lambang Puskesmas Terbaru dan Artinya. Semoga dapat bermanfaat.
logoblog
logoblog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.