Akan Melakukan Penyuluhan Kesehatan? Perhatikan 7 Hal Berikut

Terkadang dalam melakukan penyuluhan, seorang penyuluh kesehatan merasa kurang puas akan hasil yang didapatkan ketika melakukan penyuluhan kesehatan. Khususnya bagi tenaga penyuluh kesehatan yang ada di Puskesmas.

Kegiatan sudah dilakukan rutin, namun masih saja belum memberikan hasil atau perubahan terhadap sasarn. Cobalah lihat kembali beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya. Berikut ini kami berikan beberapa tips yang mungkin dapat membantu.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih metode dan teknik penyuluhan adalah sebagai berikut:

Tujuan penyuluhan kesehatan

Dalam suatu kegiatan penyuluhan/pelatihan/pengajaran apakah tujuannya cukup sampai pengetahuan atau sampai ketrampilan/perubahan perilaku. Apabila tujuan sampai terampil maka metodenya yang dipakai yaitu demonstrasi atau praktek.

Kemampuan Penyuluhan kesehatan

Sebagai penyuluh/fasilitator tentunya akan memilih metode yang dikuasai dan sesuai dengan tujuan penyuluhan.

Kemampuan sasaran penyuluhan kesehatan

Kemampuan dan tingkat pendidikan sasaran sangat dipertimbangkan dalam memilih metode penyuluhan yang akan digunakan, jangan sekali-kali digunakan metode yang rumit dan canggih untuk kelompok sasaran dengan pendidikan rendah, dikhawatirkan sasaran menjadi sulit menerima.

Besar kecilnya kelompok sasaran kesehatan

Dalam hal ini perlu dipertimbangkan metode yang akan dipilih sesuai dengan jumlah sasaran. Misalnya melakukan penyuluhan dengan jumlah sasaran yang besar, jangan menggunakan metode tatap muka perorangan, hal ini akan menimbulkan kebosanan peserta lain.

Penyuluhan Kesehatan Di Sekolah

Waktu yang tersedia

Apabila waktu yang tersedia terbatas agar dimanfaatkan seefisien mungkin dengan memilih yang sesuai dan dapat tercakup semuanya. Apabila waktu yang disediakan cukup longgar, agar memilih metode pengajaran orang dewasa, belajar sambil bekerja, misalnya diskusi kelompok dengan penyaji, studi kasus, peragaan atau demonstrasi.

Fasilitas yang tersedia

Jangan memilih metode yang tidak tersedia fasilitas di lokasi tempat penyuluhan, misalnya memilih metode demonstrasi umum di tempat tersebut tidak tersedia untuk melakukan demonstrasi.

Jumlah sasaran penyuluhan kesehatan

Ditinjau dari jumlah sasaran agar dipertimbangkan dalam menggunakan metode dan teknik yang akan digunakan agar dapat menjangkau semua sasaran yang ada.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال