Komunikasi Massa yang Efektif

Sebelumnya kami telah membagikan informasi mengenai 4 Model Komunikasi Massa, berikut ini kami akan membagikan informasi tentang Komunikasi Massa yang Efektif. Semoga dengan tulisan ini dapat menambah informasi demi meningkatkan upaya promosi kesehatan.

Seperti diketahui bahwa komunikasi massa merupakan komunikasi searah, dan pesannya ditujukan kepada sasaran yang banyak, baik jumlahnya maupun latar belakang sosial budayanya. Jelaslah bahwa komunikasi massa bisa tidak efektif ataupun malah bisa gagal total kalau dilaksanakan tanpa mengenal dengan baik keadaan sosial budaya dan ekonomi para sasaran.

Walaupun hal ini sebenarnya berlaku untuk semua jenis komunikasi, baik komunikasi massa maupun komunikasi antar persona, namun dalam komunikasi massa hal ini lebih penting untuk diperhatikan.

Hal ini mengingat akan hal-hal sebagai berikut:

  1. Mencangkup sasaran yang luas;
  2. Latar belakang sasaran lebih banyak variasinya;
  3. Komunikasi biasanya dilaksanakan dari jarak jauh, tidak berhadap-hadapan;
  4. Tidak ada umpan balik (feedback) langsung.

Komunikasi Massa yang Efektif

Untuk memberikan hasil yang efektif dalam komunikasi massa, kita harus memperhatikan beberapa aspek dalam melakukannya seperti situasi sosial, budaya dan ekonomi sasaran, serta pesan juga dikembangkan dengan mempergunakan bahasa yang mudah dipahami oleh sasaran dan sifatnya umum agar dapat menyesuaikan dengan sasaran yang heterogen.

Itulah informasi yang dapat kami bagikan, bagi anda yang ingin mendapatkan informasi dari Mitra Kesehatan Masyarakat secara gratis, silakan BERLANGGANAN melalui tombol berlangganan yang kami sediakan dibawah.

Sumber :

Modul Pelatihan

Pengangkatan Pertama Jabatan Penyuluh Kesehatan Masyarakat Ahli

Pusat Promosi Kesehatan Bekerja Sama dengan Pusdiklat AParatur Kementrian Kesehatan RI

Tahun 2013

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال