Mengapa Komunikasi Massa Sangat Efektif untuk Peyuluhan Kesehatan Masyarakat?

Berbicara mengenai penyuluhan kesehatan tentunya kita akan berpikir mengenai metode yang digunakan untuk melakukan penyuluhan tersebut. Apakah kita menggunakan metode penyluhan perorangan, kelompok atau penyuluhan massa (metode komunikasi massa).

Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung jenis materi dan sasaran dari materi penyuluhan tersebut. Ada materi yang cocok untuk penyuluhan perorangan dan tidak efektif jika dilakukan dengan metode penyuluhan kelompok dan massa, demikian pula sebaliknya.

Melihat kebutuhan informasi kesehatan yang sangat tinggi pada seluruh masyarakt, maka sangat tidak mungkin melaksanakan penyuluhan perorangan untuk seluruh masyarakat. Oleh karena itu, metode komunikasi massa dibutuhkan untuk melakukan penyuluhan massa.

Dengan melakukan komunikassi massa maka ada beberapa hal yang dipatkan, antara lain sebagai berikut:

Menyebarluaskan Informasi


Hal ini sering tidak dirasakan oleh masyarakat, yang mana ketika mereka sudah terbiasa membaca surat kabar, mendengar TV atau radio, maka secara tidak sadar telah banyak informasi yang dipelajari melalui media-media tersebut.

Jika penyuluhan kesehatan masyarakat dilakukan melalui media-media komunikasi massa tersebut, maka pastinya informasi kesehatan akan menyebar secara luas kepada masyarakat.

Saat ini, media massa tersebut kebanyakan digunakan untuk memberikan informasi-informasi yang sifatnya menghibur saja. Padahal informasi-informasi kesehatan sangat banyak yang perlu disampaikan kepada masyarakat.

Memperluas Wawasan


Dengan memperoleh informasi dari media massa maka orang akan mengetahui apa yang sedang terjadi di bagian lain dari dunia ini walaupun orang tersebut tidak berkunjung ke tempat tersebut. Dengan media massa mereka dapat mengetahui kejadian sehungan dengan kesehatan di berbagai daerah dan akan semakin memperluas wawasan masyarakat.

Dengan wawasan tersebut akan menjadi pengalaman berharga mengenai kesehatan, tergantung jenis informasi yang akan disajikan.

Dapat Memusatkan atau Mengalihkan Perhatian


Biasanya apa yang sedang hangat-hangat muncul di media massa seperti surat kabar, televisi dan radio, maka informasi yang muncul itulah yang akan menjadi perhatian masyarakat.

Mengapa tidak kita menggunakan media massa sebagai sarana untuk mengalihkan perhatian masyarakat untuk lebih fokus kepada masalah kesehatan masyarakat.

Dapat Menggali Aspirasi Masyarakat


Misalnya, media massa dapat memicu masyarakat untuk mempunyai keinginan hidup yang lebih baik, memiliki harga diri, dan sebagainya. Dengan kata lain, media massa dapat menciptakan suasana positif untuk terjadinya perubahan. Karena dengan informasi yang mereka terima dari media massa akan menjadikan mereka lebih kreatif untuk berpikir mengembangkan cara menciptakan suasana kehidupan yang lebih sehat.

Dapat Merubah Sikap Masyarakat yang Tidak Begitu Kuat


Kalau sikap yang dimiliki itu kuat dalam dirinya, maka untuk merubahnya tidak bisa hanya melalui media massa, tetapi harus didukung dengan komunikasi antar personal.

Tapi jika sikap tentang suatu konsep tidak begitu kuat maka dapat dirubah melalui komunikasi massa. Contonya ketika kita merubah tentang sikap masyarakat yang tidak menggunakan fasilatas kesehatan karena hanya kurangnya pengetahuan tentang pentingnya pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, maka perlahan-lahan mereka akan berupaya untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan.

Dapat Menyebarluaskan Informasi kepada Komunikasi antar Personal


Seperti diketahui, dalam komunikasi antar personal, peranan pemuka masyarakat sangat berpengaruh, dan mereka inilah yang biasanya bertindak sebagai komunikator. Sebagai pemuka masyarakat biasanya mereka lebih memiliki kontak dengan media massa. Nah disinilah media massa bias berperan mensuplai informasi kepada pemuka masyarakat tersebut dan pemuka masyarakat tentunya akan melaksanakan komunikasi personal dengan orang-orang disekitarnya.

Dapat Memberikan atau Meningkatkan Status Seseorang


Seseorang yang sering dimuat dalam media massa biasanya statusnya akan naik. Karena, dengan hadirnya dia menjadi topik di media massa maka akan dikenal oleh banyak orang dan dia tau akan hal itu.

Dapat Mendukung Berlakunya Suatu Norma


Kalau suatu norma sudah didukung dan sering dimuat dalam media massa, maka biasanya masyarakat akan menerima norma tersebut. Bagaimana jika norma-norma yang berkaitan dengan kesehatan? Tentunya norma tersebut juga akan dapat diterima dimasyarakat. Sayangnya hal tersebut jarang dilakukan.

Dapat Menciptakan Selera


Misalnya, kalau media massa berulang kali memuat lagu-lagu tertentu, biasanya masyarakat akan ikut-ikutan. Begitu pula dengan gaya hidup, begitu banyak masyarakat yang meniru gaya hidup dari para idola mereka. Hal ini sangat berdampak positif jika dimanfaatkan untuk menanamkan gaya hiduup bagi masyarakat.

Komunikasi Massa Efektif untuk Penyuluhan Kesehatan Masyarakat
Komunikasi Massa Efektif untuk Penyuluhan Kesehatan Masyarakat

Itulah beberapa hal yang dapat diberikan oleh komunikasi massa, namun perlu diketahui bahwa untuk beberapa hal, komunikasi massa tidak dapat berperan sendiri melainkan harus ditunjang dengan komunikasi antar personal, misalnya untuk mengembangkan sikap dan ketrampilan.

Silakan bagikan tulisan ini ke media sosial melalui tombol BERBAGI yang telah kami sediakan di bawah, semuga dapat bermanfaat untuk kita semua, khususnya kepada para petugas penyuluh kesehatan masyarakat.

INDAHNYA BERBAGI
Bagikan tulisan ini. Jangan berhenti pada anda, mungkin ada teman yang membutuhkan.
INGIN MENDAPATKAN ARTIKEL TERBARU SECARA GRATIS?
Cukup Ketik Email Anda, Klik Berlangganan, Lalu Buka Email Masuk Anda dan Klik Link yang Diberikan untuk Konfirmasi.

0 Komentar Untuk "Mengapa Komunikasi Massa Sangat Efektif untuk Peyuluhan Kesehatan Masyarakat?"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.