Pengertian Komunikasi Massa

Komunikasi massa adalah penyampaian pesan/informasi kepada sejumlah sasaran yang tidak saling mengenal, biasanya dalam jumlah banyak.

Dari segi proses komunikasi, biasanya tidak berbeda dengan proses-proses komunikasi yang lain. Wilbur Schramm menyatakan bahwa perbedaan antara proses komunikasi massa dengan yang lain adalah sifat-sifat yang terkandung dalam proses komunikasi massa, yaitu bahwa sumbernya atau komunikatornya lebih banyak bersifat terorganisir atau terlembagakan, kemudian disalurkan melalui media massa secara massal dan ditujukan kepada orang banyak yang bersifat anonim dan heterogen (1965).

Charles Wright (1956) mengidentifikasikan beberapa karakteristik komunikasi massa sebagai berikut:

  • Komunikasi massa ditujukan kepada sasaran yang jumlahnya besar atau luas, umumnya terdiri dari berbagai lapisan masyarakat (heterogen) dan tidak dikenal (anonim).
  • Kegiatannya dilakukan secara cepat dan waktu-waktu tertentu.
  • Komunikator dilakukan oleh suatu bentuk organisasi.
  • Pesan-pesan disiarkan secara umum, sehingga dalam waktu yang bersamaan pesan yang disampaikan dapat mencapai sebagian besar sasaran.

Melakukan kegiatan komunikasi massa jauh lebih sukar dari pada komunikasi interpersonal. Sebab, komunikasi harus menyampaikan pesan kepada banyak komunikan berbeda karakteristiknya, pada saat yang sama.

Komunikasi Massa

Pesan dalam komunikasi massa adalah komunikasi yang disalurkan melalui media massa, bersifat massal dan ditujukan kepada sasaran yang luas.

Media massa terdiri dari:

  1. Media tercetak atau cetakan, yaitu surat kabar, majalah, buku pamflet billboard, dan lainnya.
  2. Media elektronik, yaitu radio, TV, film, dan lain sebagainya.

Secara umum, yang dikenal media massa adalah pers, radio, TV, dan film. Syarat untuk dapat berfungsi sebagai media massa adalah sifat massal dalam produksinya sehingga produknya itu sudah didapat oleh banyak orang, dan dengan demikian harganya relatif begitu murah sehingga diharapkan setiap orang dapat menikmatinya.

Demikian informasi tentang Pengertian Komunikasi Massa, semoga dapat menambah pengetahuan kita. Silakan bagikan ke MEDIA SOSIAL melalui tombol berbagi yang kami sediakan dibawah.

Informasi yang kami bagikan selanjutnya adalah mengenai Model-Model Komunikasi.

Sumber : 

Modul Pelatihan
Pengangkatan Pertama Jabatan Penyuluh Kesehatan Masyarakat Ahli
Pusat Promosi Kesehatan Bekerja Sama dengan Pusdiklat AParatur Kementrian Kesehatan RI
Tahun 2013

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال