Gambaran Umum Gigi Manusia

Gigi manusia merupakan bagian dari pencernaan manusia yang sangat penting untuk kesehatan. Selain kesehatan, gigi juga memiliki nilai estetis bagi manusia. Oleh karena itu, sangat disarankan kita memelihara kesehatan gigi sejak kanak-kanak agar dewasa kelak memiliki gigi yang sehat dan indah.

Berbicara mengenai memelihara gigi manusia, kita tentunya perlu mengetahui sedikit banyak tentang bagaimana gambaran umumnya. Baik pengertian gigi, jenis-jenis gigi, struktur gigi dan juga fungsi dari masing-masing gigi manusia.

Pada kali ini kami akan membagikan informasi tersebut kepada para pembaca, semoga dapat menjadi tambahan wawasan bagi kita semua.

Gigi Manusia
Gigi Manusia (Sumber: Pixabay.com)

Pengertian dan Fungsi Gigi


Gigi adalah alat pencernaan mekanik yang terdapat dalam mulut. Kita tentunya tidak perlu ditunjukan lagi dimana letak gigi tersebut dalam mulut karena semua pasti sudah tau. Yang perlu diketahui yaitu tentang fungsi gigi adalah untuk merobek, memotong dan mengunyah makanan sebelum ditelan masuk ke kerongkongan.

Struktur Gigi


Gigi terdiri tiga bagian utama, yaitu puncak atau mahkota, leher gigi, dan akar gigi. Secara keseluruhan struktur gigi terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut:
  • Email, bagian gigi ini sangat keras menutupi mahkota gigi dan tersusun oleh kalsium. Bagian ini berfungsi sebagai pelindung, kandungan kalsium semakin keatas semakin banyak dan semakin kedalam atau ke akar gigi semakin kurang.
  • Sementum gigi, bagian ini berada pada bagian akar gigi dan berfungsi sebagai pelindung akar gigi serta penghubung antara gigi dengan geraham.
  • Dentin (tulang gigi), bagian ini ini terletak setelah email gigi pada mahkota gigi, dan setelah sementum dibagian akar gigi. Tulang gigi atau dentin ini merupakan lapisan terluas pada gigi mulai dari mahkota gigi sampai ke akar gigi. Dentin berfungsi sebagai pelindung kedua setelah email gigi dan sementum gigi.
  • Pulpa gigi, adalah jaringan lunak yang membentuk rongga di dalam gigi. Rongga ini berisi pembuluh darah dan saraf untuk mengindentifikasi benda asing yang masuk kedalam mulut, tekanan, suhu dan rasa nyeri karena memiliki pembuluh syaraf.


Jenis-Jenis Gigi


Berdasarkan usia, gigi dibedakan menjadi 2 yaitu gigi susu dan gigi permanen. Gigi susu merupakan gigi pertama yang muncul pada anak-anak dan akan tanggal ketika memasuki usia dewasa digantikan dengan gigi permanen yang akan digunakan seumur hidup.

Jenis gigi dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian, yaitu:

Gigi Seri


Gigi seri yang mempunyai satu akar, berfungsi untuk memotong atau mengerat makanan, berbentuk tegak dengan mahkota yang horizontal. Orang dewasa memiliki 8 gigi seri, 4 di rahang bawah dan 4 di rahang atas.

Gigi Taring


Gigi taring memiliki satu akar dan berfungsi untuk merobek dan mengoyak makanan. Gigi taring berbentuk tegak dan agak runcing. Orang dewasa memiliki 4 gigi taring, 2 di rahang bawah dan 2 di rahang atas.

Gigi Geraham Depan (Premolar)


merupakan jenis gigi yang mempunyai 2 akar dan berfungsi untuk menggiling dan mengunyah makanan. Gigi Premolar berbentuk rendah dan terdapat beberapa tonjolan pada bagian mahkotanya. Manusia Dewasa memiliki 8 Gigi Premolar, yaitu 4 di rahang bawah, dan 4 di rahang atas.

Gigi Geraham Belakang (Molar)


Gigi geraham belakang mempunyai 2 atau 3 akar dan berfungsi untuk menggilas, melumat, menghancurkan, dan menghaluskan makanan. Gigi geraham belakang memiliki bentuk yang hampir sama dengan gigi geraham depan.

Baca juga : Gigi Berlubang Membawa Masalah Besar.

Jumlah dan Susunan Gigi


Jumlah gigi manusia berbeda antara anak-anak dan gigi orang dewasa. Adapun susunan dan jumlah gigi dapat anda lihat pada gambar berikut ini:

Jumlah dan Susunan Gigi
Jumlah dan Susunan Gigi

Jumlah gigi susu sebanyak 20 buah dan jumlah gigi permanen sebanyak 32 buah.

Itulah informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

INDAHNYA BERBAGI
Bagikan tulisan ini. Jangan berhenti pada anda, mungkin ada teman yang membutuhkan.
INGIN MENDAPATKAN ARTIKEL TERBARU SECARA GRATIS?
Cukup Ketik Email Anda, Klik Berlangganan, Lalu Buka Email Masuk Anda dan Klik Link yang Diberikan untuk Konfirmasi.

0 Komentar Untuk "Gambaran Umum Gigi Manusia"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.