Ini Dia Langkah Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Menyikat gigi yang baik dan benar merupakan salah satu bagian dari perawatan gigi yang tentunya akan memberikan hasil yang baik pula. Dalam hal ini bukan hanya sebatas dilihat dari frekuensi melainkan kualitas saat menyikat gigi. Hal tersebut tentunya bukanlah hal yang sia-sia, namun akan memberikan efek positif yaitu kesehatan gigi dan mulut anda akan terjaga.

Jika tidak memperhatikan cara meyikat gigi, maka kerusakan gigi, seperti gigi berlubang, masalah pada gusi, dan bau mulut akan akan rentan terjadi pada gigi anada. Oleh karena itu, sebaiknya kita mempelajari bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar. Luangkan waktu sejenak untuk membaca tulisan singkat berikut ini:

Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar


Ketika akan menyikat gigi, pastikan bahwa anda telah menyediakan sikat gigi dan pasta gigi. Pasta gigi yang digunakan tentunya pasta gigi yang mengandung flouride. Demikian pula dengan sikat gigi, pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan anda dan nyaman ketika digunakan, tidak memiliki bulu sikat yang terlalu keras agar tidak membuat kerusakan pada gigi dan gusi anda.

Yang perlu juga anda lakukan sebelum menyikat gigi adalah membersihkan atau menyikat lidah anda, tentunya dengan menggunakan sikat gigi yang sudah diberi pasta gigi. Dengan menyikat lidah maka akan membersihkan lidah anda dari bakteri anaerob yang dapat menyebabkan bau mulut.

Bagian sikat yang biasanya dapat digunakan untuk menyikat lidah adalah pada bagian belakang sikat. Bersihkan lidah anda sejauh yang bisa anda lakukan, karena semakin kedalam semakin banyak bakteri yang bersarang pada lidah anda.

Cara/Langkah Menyikat Gigi
Cara/Langkah Menyikat Gigi

Setelah itu, silakan lanjutkan dengan menyikat gigi anda dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Menyiapkan sikat gigi dan pasta yang mengandung Fluor (salah satu zat yang dapat menambah kekuatan pada gigi). Banyaknya pasta kurang lebih sebesar sebutir kacang tanah (1/2 em ).
  2. Berkumur-kumur dengan air bersih sebelum menyikat gigi
  3. Seluruh permukaan gigi disikat dengan gerakan maju mundur pendek-pendek atau memutar selama ±2 menit (sedikitnya 8 kali gerakan setiap 3 permukaan gigi )
  4. Berikan perhatian khusus pada daerah pertemuan antara gigi dan gusi.
  5. Lakukan hal yang sama pada semua gigi atas bagian dalam. Ulangi gerakan yang sama untuk permukaan bagian luar dan dalam semua gigi atas dan bawah.
  6. Untuk permukaan bagian dalam gigi rahang bawah depan, miringkan sikat gigi seperti dalam gambar no.5 diatas. Kemudian bersihkan gigi dengan gerakan sikat yang benar.
  7. Bersihkan permukaan kunyah dari gigi atas dan bawah dengan gerakan-gerakan pendek dan lembut maju mundur berulang-ulang.
  8. Sikatlah lidah dan langit-langit dengan gerakan maju mundur dan berulang-ulang.
  9. Jangan ah menyikat terlalu keras terutama pada pertemuan gigi denga gusi, karena akan menyebabkan email gigi rusak dan gigi terasa gilu.
  10. Setelah menyikat gigi, berkumurlah 1 kali saja agar sisa fluor masih da di gigi.
  11. Sikat gigi dibersihkan dengan air dan disimpan tegak dengan kepala ikat di atas. 
  12. Waktu menyikat gigi sebaiknya setiap habis makan kita menyikat gigi, tapi hal ini tentu saja agak merepotkan. Hal yang terpenting dalam memilih waktu menyikat gigi adalah pagi hari sesudah sarapan dan malam hari sebelum tidur.


Cara mengetahui gigi sudah bersih atau belum setelah disikat


Terkadang kita ragu setelah menyikat gigi, apakah gigi sudah bersih atau belum dan beranjak dari keraguan tersebut, kita menyikat gigi dalam waktu lama. Tindakan tersebut tentunya dapat membahayakan gigi kita seperti gigi berlubang.

Untuk mengetahui apakah gigi kita sudah bersih atau belum, maka kita dapat merasakan gigi kita dengan menggunakan lidah kita. Rasakan permukaan gigi kita apakah sudah terasa halus atau belum. Jika sudah halus maka gigi kita sudah bersih, jika belum atau masih terasa kasar berarti gigi kita belum bersih.

Agar gigi kita dapat bersih sekali menyikat gigi, maka pastikan bahwa kita telah menjangkau seluruh bagian gigi saat menyikat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Dia Langkah Menyikat Gigi yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel