Penyebab, Cara Mencegah dan Cara Merawat Gigi Berlubang pada Anak-Anak

Orang tua yang bijak pasti mendambakan anak yang sehat dan sejahtera lahir batin. Termasuk menjaga gigi anak agar tidak berlubang. Gibi berlubang pada anak sangat mengganggu perkembangan dan pertumbuhannya.

Mengetahui dan melakukan hal-hal terkait perawatan gigi anak sangat penting bagi orang tua. Oleh karena itu kita memerlukan informasi yang tepat tentang hal tersebut.

Beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan perawatan gigi anak terdiri dari:
  1. Mengetahui penyebab gigi berlubang pada anak
  2. Mengetahui gejala gigi berlubang pada anak
  3. Cara merawat gigi berlubang pada anak
  4. Mencegah terjadinya gigi berlubang pada anak

Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak


Bakteri dalam mulut anak secara alami akan berkembang biak dan membentuk substansi lengket bernama plak yang akan melapisi gigi. Setiap kali mereka makan maka bakteri pada plak juga menghasilkan asam. Asam tersebut yang mengikis perlahan email dan membuat lubang pada gigi.

Gejala Gigi Berlubang Pada Anak


Jika gigi anak sensitif, ngilu dan atau bau mulut berkepanjangan, kemungkinan gigi anak tersebut berlubang. Biasanya kita dapat melihat warna putih pucat atau noda gelap pada gigi. Jika terdapat tanda-tanda tersebut segera konsultasikan ke dokter gigi.

Merawat Gigi Berlubang Pada Anak


Apabila anak menderita gigi berlubang, dokter gigi kemungkinan akan memberikan gel fluoride atau pernis untuk merekatkan area tersebut. Jika gigi yang lubang sangat parah, dokter gigi mungkin akan mengosongkan bagian yang rusak lalu menambal atau mencabutnya.

Mencegah Terjadinya Gigi Berlubang Pada Anak


Pola pencegahan terbaik yang perlu dilakukan adalah dengan menggabungkan kebersihan mulut dan pola makan yang sehat. Cobalah membatasi anak makan mengandung gula dan makanan bertepung dan minuman ringan. Sebagai pengganti, sebaiknya orang tua memperkenalkan makanan yang mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh seperti sayuran dan buah-buahan yang dapat menetralisir air liur anak. Hal tersebut dapat membantu mencegah terjadinya bahaya gigi berlubang pada anak yang disebabkan oleh plak.

Menjaga kebersihan mulut dan gigi anak sangat penting. Gigi susu yang tumbuh pada anak akan mempengaruhi gigi permanen ketika dewasa. Oleh karena itu, upayakan untuk membiasakan anak menggosok gigi sejak gigi mereka tumbuh, tentunya dibawah pengawasan orang tua hingga mereka dapat melakukannya sendir. 

Gigi Berlubang
Gigi Berlubang

Beberapa hal yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan gigi dan mulut anak adalah sebagai berikut:
  1. Perbanyak minum air putih sesudah makan.
  2. Sikat gigi mereka minimal dua kali sehari, 2 menit setiap pelaksanaan sikat gigi.
  3. Gunakan sikat gigi yang baik dan cocok dengan mulut mereka.
  4. Untuk anak lebih dari 2 tahun, gunakan pasta gigi berfluoride demi mencegah kerusakan gigi.

Jika kita menanamkan kebiasaan sikat gigi yang benar pada anak, mereka akan terbiasa pula merawat gigi dan gusi mereka sendiri. Hal tersebut dapat mencegah kerusakan gigi sejak dini, sehingga mereka dapat tersenyum indah dan bahagia ketika dewasa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab, Cara Mencegah dan Cara Merawat Gigi Berlubang pada Anak-Anak"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel