Inilah Manfaat Buah Kersen yang Sebanding dengan Harganya

Buah kersen atau dalam bahasa ilmiah di sebut Muntingia calabura L merupakan buah yang banyak ditemukan diberbagai daerah di Indonesia. Sebagian besar tumbuh dipekarangan sebagai pohon pelindung. Bagi sebagian besar orang Indonesia pasti tidak asing lagi dengan buah yang memiliki daun halus dan buah yang hampir sebesar kelereng.

Mungkin ada diantara kita yang pernah iseng mencicipi buah yang memiliki rasa manis dan berwarna merah bila sudah matang.

Namun, siapa sangka ternyata buah yang imut ini ternyata memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Bahkan ada di beberapa daerah sudah memanfaatkan buah ini untuk bahan herbal dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Buah Kersen
Buah Kersen

Harga Buah Kersen

Dari manfaat yang didapat dari buah tersebut, ternyata saat ini buah tersebut sudah diperjualbelikan secara online. Berdasarkan hasil pencarian dibeberapa toko online, ternyata buah kersen memiliki harga sebesar 40.000/100 gr atau 200.000 per kg. Selain buah, daun kersen juga ternyata juga dijual dengan harga yang lumayan.

Kandungan Buah Kersen

Sebagaimana yang kami kutip dari grid.id, setiap 100 gram buah kersen ini memiliki kandungan yaitu: Air sebanyak 77,8 g, serat: 4,6 g, vitamin C (antioksidan): 80.5 mg, lemak: 1,56 g.

Tak hanya itu, kandungan lain seperti zat besi: 1,18 mg, karotin: 0,019 mg, protein: 0,324 g, fosfor: 84 mg, niacin: 0,554 mg, kalsium: 124,6 mg, vitamin B1(Tiamin): 0,065 mg, dan riboflavin: 0,037 mg juga terkandung dalam buah kersen.

Manfaat Buah Kersen

Sebagaimana yang dikutip dari lifehack.org, ternyata buah kersen setidaknya memiliki 7 manfaat bagi kesehatan, sebagai berikut:

  • Sumber Antibiotik Alami

Salah satu hal yang menjadi perhatian besar dunia medis adalah berkembangnya bakteri yang semakin kuat terhadap antibiotik. Kabar baiknya adalah buah kersen merupakan sumber antibiotik alami. Para peneliti menemukan bahwa kersen memiliki sifat antibakteri yang sebanding dengan antibiotik yang biasa digunakan dalam dunia medis. Bahkan beberapa peneliti juga menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.

  • Kaya Vitamin C

Setiap 100 gram buah kersen setara dengan 150 miligram vitamin C. Seperti kita diketahui bahwa vitamin C dapat membantu mencegah flu dan demam, mengandung antioksidan yang tinggi, dan bahkan mampu memulihkan beberapa tipe penyakit yang berhubungan dengan jantung.

  • Mengurangi Rasa Sakit Akibat Encok

Encok merupakan nyeri dan peradangan yang terjadi ketika terlalu banyak asam urat yang mengkristal dan menumpuk pada sendi. Biasanya hal ini terjadi ketika seseorang mengkonsumsi terlalu banyak makanan tertentu dan hanya minum sedikit air. Meskipun buah kersen tidak bisa menyembuhkan encok, tetapi dengan mengkonsumsi 9-12 buah kersen dalam 3 kali sehari, akan mengurangi rasa sakit dari penyakit encok.

  • Meredakan Sakit Kepala

Orang yang menderita sakit kepala hebat biasanya diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah. Ternyata dengan mengkonsumsi buah kersen dapat merelaksasikan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir dengan normal kembali.

  • Baik untuk Penderita Diabetes

Meskipun buah kersen memiliki rasa manis, tetapi buah ini baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan buah kersen dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Dengan pemakaian yang teratur, dapat mengurangi obat-obatan yang dikonsumsi penderita diabetes.

  • Tinggi Antioksidan

Sebuah studi menunjukkan bahwa buah kersen mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Kita ketahui bersama bahwa antioksidan merupakan kandungan yang bertugas menguatkan sistem imun (kekebalan) tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

  • Berbagai Nutrisi Penting

Buah kersen mengandung serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin B. Dnegan berbagai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, tidak mengherankan jika buah kersen dijadikan sebagai bahan pokok dalam beberapa makanan di dunia. Seperti selai, agar-agar atau dimakan secara langsung.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari buah kersen yang perlu kita ketahui. Jadi, tidak ada salahnya jika di pekarangan kita memelihara tanaman ini, selain sebagai pelindung jugu dapat dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat dari segi kesehatan.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "Inilah Manfaat Buah Kersen yang Sebanding dengan Harganya"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel