Alasan Memilih Jurusan Kesehatan Masyarakat

Alasan Mengapa Memilih Jurusan Kesehatan Masyarakat - Ketika memilih jurusan, ada banyak hal yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan. Terutama tentang alasan kenapa harus memilih suatu jurusan tertentu. Apalagi saat ini banyaknya pilihan jurusan yang tersedia dan sering kali membuat calon mahasiswa semakin bingung. Nah pada artikel kali ini, mari kita bahas bahas bersama alasan memilih jurusan ini sebagai bentuk review tentang jurusan kesehatan masyarakat. Bagi para pembaca dapat memberikan tanggapannya melalui kolom komentar yang ada di bawah.

Hal ini dimaksudkan untuk membantu para calon mahasiswa tidak perlu bingung lagi dan kukuh menaruh harapan memilih jurusan kesehatan masyarakat yang faktanya semakin banyak dibutuhkan untuk perbaikan kesehatan secara menyeluruh.

Jurusan Kesehatan Masyarakat

Kesehatan masyarakat adalah ilmu mencegah penyakit, memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Pengetahuan ini menyangkut kesehatan masyarakat secara umum dengan sasaran kerja berbanding lurus dengan jumlah penduduk yang ada, karena pada dasarnya tenaga kesehatan masyarakat lebih mengedepankan paradigma sehat sebelum masyarakat sakit.

Permintaan tenaga kerja di bidang ini tidak hanya di kota-kota besar, tetapi juga sangat dibutuhkan di daerah-daerah kecil. Apalagi, pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya memprioritaskan pertumbuhan dan peningkatan kesehatan sehingga memberikan manfaat tersendiri bagi lulusan kesehatan masyarakat. 

Pengertian Kesehatan Masyarakat

Kesehatan Masyarakat merupakan bidang ilmu yang mempelajari pencegahan dan pengobatan penyakit pada setiap individu. Bidang ilmu ini juga bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat dengan mempelajari hubungan manusia dengan lingkungan dan cara-cara pencegahan penyakit, kesehatan di suatu daerah, serta kesehatan di lingkungan kerja.

Alasan Mengapa Memilih Jurusan Kesehatan Masyarakat

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari lulusan Departemen Kesehatan Masyarakat ini. Seperti berurusan dengan epidemiologi, desain, dan agen keselamatan dan kesehatan kerja, dan berada di garis depan dalam mendidik masyarakat.

Sarjana Kesehatan Masyarakat dibutuhkan untuk menghadapi masalah kesehatan lingkungan yang semakin kompleks di berbagai daerah. Lulusan kesehatan masyarakat juga dibutuhkan di berbagai sektor, seperti manufaktur, migas, untuk mengisi divisi tertentu di sebuah perusahaan. Peluang untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana di kampus-kampus ternama terbuka lebar.

1. Prospek Kerja Menjanjikan

Prospek pekerjaan Departemen Kesehatan Masyarakat tidak diragukan lagi. Tidak hanya di bidang kesehatan, lulusan Kesehatan Masyarakat lebih mudah bekerja di berbagai bidang. Hal ini dikarenakan mahasiswa Kesehatan Masyarakat mempelajari banyak ilmu selain kesehatan. Salah satunya adalah ilmu kehidupan sosial.

Sehingga lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di perusahaan swasta maupun instansi pemerintah. Juga bisa menjadi peneliti, pekerja sosial, pendidik kesehatan masyarakat, dan departemen kontrol kualitas produk dan kesehatan. Gaji yang ditawarkan pun bervariasi sesuai dengan jenis pekerjaan yang dipilih. Juga dipengaruhi oleh tempat bekerja.

2. Memberikan Pengaruh Terhadap Kesehatan Negara

Menjadi lulusan Kesehatan Masyarakat mampu membawa perubahan kondisi kesehatan masyarakat secara luas. Dengan meningkatnya kualitas kesehatan masyarakat, maka dapat dikatakan negara dalam keadaan aman dan baik.

3. Mengasah Banyak Kemampuan

Karena banyaknya disiplin ilmu yang dipelajari, lulusan Kesehatan Masyarakat dapat memiliki kemampuan yang beragam. Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat akan dibekali dengan berbagai keterampilan, antara lain manajerial, inovator, peneliti (researcher), apprentice (mampu belajar dalam tim dan bekerja dengan cepat), communication (komunikasi), leader (kepemimpinan), dan educator (pendidik).

4. Termasuk Ilmu Terapan Yang Luas

Pasalnya, Departemen Kesehatan Masyarakat tidak hanya membahas masalah kesehatan, tetapi juga mempelajari bidang sosial. Kuliah di Kesehatan Masyarakat mempunyai fokus preventif dan promotif. Jadi siswa akan belajar bagaimana membuat masyarakat sehat. Selain itu, mahasiswa juga dilatih untuk mengatur masyarakat agar setiap orang berhak hidup sehat dan dapat mengalami harapan hidup yang panjang.

5. Memiliki Jaringan Yang Luas

Selain kesehatan, bidang sosial juga menjadi andalan Jurusan Kesehatan Masyarakat. Karena lulusannya akan mengaplikasikannya dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Kondisi ini tentunya mampu menciptakan peluang untuk memiliki jaringan yang luas di masyarakat.

6. Lulusan Kesmas Dibutuhkan Kini Dan Masa Depan

Berbicara tentang kesehatan masyarakat tentu tidak ada habisnya mengingat selalu berkaitan dengan kehidupan masyarakat secara luas. Sehingga pengetahuan lulusan Kesehatan Masyarakat sangat dibutuhkan saat ini dan di masa yang akan datang.

Demikian yang dapat kami bagikan, tulisan ini bukan bermaksud untuk membesar-besarkan, namun kami menyadari bahwa ada kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat yang nanti akan kami bahas pada tulisan selanjutnya.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال