Rumah Sehat Harus Memperhatikan 8 Elemen Ini

Rumah sehat merupakan bagian dari upaya menciptakan keluarga sehat. Rumah mewah tidak menjamin bahwa rumah tersebut memenuhi syarat standar rumah sehat. Walaupun kita akui bahwa kebanyakan rumah yang tidak sehat lebih sering ditemukan pada masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah.

Dengan kenyataan tersebut bukan berarti kita tidak memiliki peluang untuk menciptakan atau mengupayakan kondisi rumah kita agar memenuhi persyaratan rumah sehat yang akhirnya akan memberikan dampak positif bagi kesehatan kita.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat membangun sebuah rumah. Tidak harus mahal, asalkan memenuhi beberapa hal berikut:

Pencahayaan dalam rumah

Pada setiap ruangan harus mendapatkan pencahayaan yang cukup. Secara sederhana untuk mengukur kecukupan pencahayaan yaitu di setiap sudut kita dapat membaca tulisan di buku dengan jelas.

Atap tidak bocor

Atap bocor pastinya akan mengganggu kenyamanan dan kebersihan dalam rumah. Oleh karena itu, atap harus diperhatikan agar tidak bocor.

Dinding bersih, kering dan kuat

Dinding merupakan bagian yang harus ada pada setiap rumah. Dinding juga merupakan pemisah antara setiap ruangan. Sehingga, setiap tempat dalam rumah tersebut kita akan menemukan dinding yang turut menghiasi ruangan kita. Oleh karena itu, kebersihan dan kekuatan rumah harus terjamin demi kenyamanan, kesehatan dan keamanan anggota keluarga. Selain itu, dinding juga menentukan estetika dan privasi bagi penghuni dalam rumah tersebut.

Tersedia jamban keluarga

Jamban merupakan tempat untuk buang air besar. Sebagaimana kita tau bahwa buang air besar di jamban merupakan tindakan yang paling bijak dalam memelihara kesehatan anggota keluarga.

Kebersihan jamban juga harus dijaga, karena jamban yang tidak dirawat dapat menyebabkan sumber penyakit dan juga lantai jamban yang licin dapat mencelakai anggota keluarga.

Tersedia sarana air bersih

Air merupakan kebutuhan utama manusia. Air juga merupakan salah satu dari konsumsi manusia yang di perlukan setiap hari. Di satu sisi, jika air yang kita gunakan tidak bersih maka dapat menjadi penyebab terjadinya berbagai penyakit.

Sehingga, untuk sebuah rumah sehat harus memperhatikan ketersediaan sarana air yang bersih seperti sumur, pompa tangan, PAM dan sumber ari lainnya yang bersih dan sehat.

Udara dalam ruangan harus cukup

Pengudaraan dalam ruangan juga merupakan bagian terpenting dari suatu rumah agar dapat memenuhi persyaratan rumah sehat. Pengudaraan yang baik dapat tercipta melalui penyediaan ventilasi, jendela, pintu dan penataan ruangan yang baik dan benar sehingga dapat memenuhi kebutuhan udara disetiap sudut ruangan.

Ruangan rumah yang tidak cukup atau tidak baik peredaran udara di dalamnya akan terasa pengap dan dapat mempercepat penularan beberapa jenis penyakit.

Lantai

Lantai yang sehat harus bersih, teratur dan rapi. Lantai juga harus memiliki bagian-bagian yang dibatasi oleh dinding pemisah antara setiap ruangan. Lantai juga harus bebas dari tikus dan nyamuk yang menyebabkan berbagai penyakit.

Sarana pembuangan air limbah

Pada sebuah rumah yang berpenghuni tidak luput dari air limbah. Jika tidak disediakan sarana pembuangan yang baik maka akan menjadi masalah yang dapat mengancam kesehatan manusia.

Oleh karena itu, demi mengupayakan kesehatan anggota keluarga, rumah harus memiliki sarana pembuangan air limbah yang dibangun dan dikelola dengan baik dan benar.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال