Metode Promosi Kesehatan Massa

Buat teman-teman petugas puskesmas yang ada di seluruh Indonesia atau teman-teman lainnya yang membutuhkan informasi tentang metode promosi kesehatan, berikut ini kami akan memberikan sebuah informasi yang mungkin dapat bermanfaat dengan judul Model Promosi Kesehatan Massa. Sebelumnya kami telah membahas tentang Pengertian Komunikasi Massa, silakan pelajari melalui link tersebut jika ingin lebih mendalaminya.

Dibawah ini merupakan bentuk-bentuk pendekatan metode promosi kesehatan massa yang dapat dilakukan bagi anda petugas promosi, yaitu:

Ceramah Umum


Pada acara-acara tertentu, misalnya pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Kepala Puskesmas memberikan ceramah tentang pencegahan Demam Berdarah dengan melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk satu kali dalam seminggu di depan warga. Metode ini dilakukan jika ada kelompok yang perlu mendapat penjelasan yang sama sedangkan waktu terbatas.

Ceramah memerlukan ruang yang bisa ditempati sekelompok orang, dengan pembicara yang menguasai masalah yang akan diberikan. Ceramah jangan terlalu lama, cukup 30 menit. 10 menit pertama untuk memberikan penjelasan yang singkat tetapi jelas, 20 menit berikutnya untuk tanya jawab.

Pidato


Pidato-pidato tentang kesehatan melalui media elektronik baik TV maupun radio pada hakikatnya merupakan bentuk promosi kesehatan massa yang dapat menjangkau banyak sasaran.

Materi diupayakan semaksimal mungkin dan dapat dipahami oleh masyarakat sasaran yang serba heterogen.

Tulisan-Tulisan di Media Cetak


Membuuat tulisan di media cetak seperti koran, majalah atau bisa juga membuat tullisan di majalah dinding sekolah.

Media Online


Salah satu metode promosi kesehatan yang juga cukup praktis digunakan dan memiliki sasaran yang cukup luas adalah melalui media online seperti website, blog, dan beberapa media sosial lainnya seperti facebook, youtub dan lain-lain.

Bentuk Promosi Lain


Billboard, spanduk, poster pencanangan, menyelipkan pesan pada khotbah keagamaan, menyelipkan pesan pada kesenian tradisional, memanfaatkan pengeras suara tempat ibadah, membuat koran dinding di sekolah, menempelkan pesan ditempat ramai, pemutaran film di tempat terbuka juga termasuk promosi kesehatan massa.

Itulah informasi yang dapat kami bagikan mengenai metode promosi kesehatan massa, semoga dapat bermanfaat. Jika ingin mendapatkan informasi gratis dari kami melalui email, silakan berlangganan melalui kolom BERLANGGANAN yang kami sediakan dibawah.

INDAHNYA BERBAGI
Bagikan tulisan ini. Jangan berhenti pada anda, mungkin ada teman yang membutuhkan.
INGIN MENDAPATKAN ARTIKEL TERBARU SECARA GRATIS?
Cukup Ketik Email Anda, Klik Berlangganan, Lalu Buka Email Masuk Anda dan Klik Link yang Diberikan untuk Konfirmasi.

0 Komentar Untuk "Metode Promosi Kesehatan Massa"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.