Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Sebelum membaca tentang makanan sehat untuk ibu hamil muda yang kami tuliskan ini, terlebih dahulu kami ucapkan selamat atas kehamilan anda. Kalaupun anda baru merencanakan kehamilan, semoga secepatnya dikabulkan. Semoga pula kehamilan anda menjadi pembawa rejeki bagi anda dan rahmat bagi semua. Amin.

Hal umum yang sering dialami para ibu hamil muda adalah susahnya memenuhi kebutuhan nutrisi karena pada fase ini kebanyakan ibu hami mengalami Hiperemesiss Gravidarum. Sealin itu, kebutuhan nutrisi ibu hamil akan meningkat seiring dengan perkembangan kehamilanya. Oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagai ibu hamil.

Mengadapi hal tersebut tentunya kita berupaya sedini mungkin mengetahui tindakan-tindakan apa yang harus dilakukan. Baik dari segi penanganan hiperemesiss atau pengetahuan yang baik tentang pengolahan makanan dan jenis makanan yang baik dan sehat untuk ibu hamil.

Pada kesempatan kali ini kami mencoba membagikan informasi kepada pembaca Mitra Kesmas tentang makanan yang sehat untuk ibu hamil muda, semoga dapat menjadikan panduan bagi anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anda selama kehamilan,  khususnya bagi anda yang hamil muda.

Ibu Hamil Muda
Ibu Hamil Muda

Jenis Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil Muda


Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang dapat digunakan atau dikonsumsi oleh ibu hamil muda demi memenuhi kebutuhan nutrisinya:

Sereal


Sereal
Sereal

Energi dan serat gandum utuh yang ada pada sereal sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Sereal banyak mengandung vitamin B, kalsium, karbohidrat dan mineral.

Sereal dapat dikonsumsi pada pagi hari sebagai sarapan karena ibu hamil muda biasanya sangat susah makan pada pagi hari. Dengan mengkonsumsi sereal diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya.



Produk Susu


Kandungan aneka vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu tentunya akan sangat baik bagi pertumbuhan janin dan ibu hamil itu sendiri. Jenis susu yang digunakan dapat disesuaikan, artinya siapkanlah susu khusus ibu hamil yang banyak dijual di supermarket atau di toko-toko terdekat. Bila perlu konsultasikanlah dengan dokter mengenai jenis susu yang baik untuk anda agar tidak salah memilih produk.

Buah dan Sayur


Budah dan Sayur
Budah dan Sayur

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah-buahan sangat baik untuk kekebalan tubuh dan menjadi antioksidan yang sangat baik. Khusus untuk sayuran, sebaiknya pilih sayuran yang banyak mengandung zat besi untuk mengatasi anemia pada ibu hamil.

Walaupun ibu hamil muda biasanya susah untuk mengkonsumsi sayuran, namun upayakan atau cari momen tertentu yang ibu hamil muda tersebut bisa makan sayuran sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizinya.

Ikan


Ikan
Ikan

Kandungan protein dan asam lemak omega 3 pada ikan sangat bermanfaat bagi perkembangan otak janin. Para ibu tentunya sangat mendambakan anak yang pintar dikemudian hari, oleh karena itu perbanyaklah mengkonsumsi ikan.

Pilihlah ikan segar dan pastikan bahwa ikan yang anda beli berasal dari sumber yang aman dan bebas dari berbagai bahan berbahaya. Hindari mengkonsumsi ikan mentah karena hal ini akan membahayakan kesehatan.

Bagi ibu hamil muda biasanya sangat selektif dalam memilih jenis ikan, bau ikan mentah sangat tidak disukai, oleh karena itu sebaiknya ibu hamil muda tidak dibiarkan mengolah ikan mentah. Carilah orang yang bisa membantu untuk mengolahnya misalnya pasangan anda agar sang ibu dapat terhindar dari rasa mual karena mencium bau amis ikan.

Kacang-Kacangan


Sup Brenebon
Sup Brenebon

Kacang-kacangan sangat membantu pertumbuhan sistim saraf janin dan membangun sistim kekebalan tubuh. Misalnya kacang hijau banyak mengandung vitamin B dan asam folat yang sangat mudah didapatkan di pasar dan pengolahannya pun sangat mudah.

Kreasikanlah menu yang terbuat dari kacang-kacangan agar menarik minat makan bagi ibu hamil muda sehingga harapan untuk mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi kacang-kacangan dapat tercapai.

Air dan Vitamin


Air Mineral
Air Mineral

Memenuhi kebutuhan air mineral sangat dianjurkan bagi ibu hamil muda sebagaimana disarankan pula pada orang pada umumnya. Ibu hamil sering mengalami mual dan bahkan muntah, oleh karena itu perbanyaklah minum air mineral dan dapat dicampurkan dengan sedikit sari buah tanpa ditambahkan dengan gula atau pemanis.

Selain berbagai kebutuhan makanan sehat yang disebutkan diatas, ibu hamil muda masih perlu mendapat tambahan asupan vitamin, karena memang kebutuhan vitamin bagi ibu hamil memang sangat tinggi atau meningkat dari kondisi normalnya. Oleh karena itu, mengkonsumsi vitamin tambahan sangat dianjurkan. Untuk menentukan jenis vitamin yang perlu dikonsumsi, sebaiknya konsultasikan dengan bidan atau dokter agar mendapat petunjuk tentang itu.

Contoh Menu Ibu Hamil Muda

Menu di bawah ini hanya merupakan contoh, silakan dikreasikan sesuai selera dan kebutuhan gizi bagi ibu hamil muda atau dapat dikonsultasikan dengan tenaga gizi, bidan atau dokter.

Sarapan.

  • Jus Buah : Jenis buah dapat divariasikan.
  • Nasi Goreng : Pengolahan disesuaikan dengan selera.
  • Telur mata sapi : Untuk memenuhi kebutuhan protein.
  • Susu : susu khusus untuk ibu hamil

Makan siang.

  • Nasi : sesuaikan posrsi.
  • Sayur Bening : sebaiknya dikonsumsi ketika masih hangat
  • Ikan bumbu kuning
  • Tempe goreng
  • Buah Jeruk

Makan Malam.

  • Nasi
  • Bistik
  • Bakwan Jagung
  • Selada Buah
  • Susu khusus ibu hamil (menjelang tidur)

Sebagai tambahan, bila terdapat tanda-tanda Hiperemesiss Grafidarum yang menghambat anda mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang kami sebutkan diatas, sebaiknya secepatnya menghubungi tenaga kesehatan terdekat.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel