Gout: Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Pencegahan - MITRA KESMAS

Gout: Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Pencegahan

Gout (asam urat) merupakan penyakit radang sendi yang terjadi akibat deposisi kristal mono sodium urat pada persendian dan jaringan lunak.

Gout ditandai dengan serangan berulang dari arthritis (peradangan sendi) yang akut, kadang-kadang disertai dengan pembentukan kristal sodium urat yang besar (yang dinamakan tophus), deformitas (kerusakan) sendi secara kronik, dan adanya cedera pada ginjal.

Penyebab

Penyebab terjadinya gout yaitu adanya penumpukan asam urat didalam tubuh secara berlebihan, baik akibat produksi asam urat yang meningkat, pembuangannya melalui yang menurun, atau akibat peningkatan asupan makanan yang kaya akan purin. Gout terjadi ketika cairan tubuh sangat jenuh  akan asam  urat karena kadarnya yang tinggi.

Gambaran Klinis

Gambaran klinis terjadinya gout adalah sebagai berikut:
  • Gejala paling khas adalah nyeri dan kemerahan pada sendi metatarsofalangeal pertama, biasanya melibatkan satu sendi. Gejala bisa dieksaserbasi oleh paparan terhadap dingin dan sering memburuk pada malam hari.
  • Gout dapat menyerang lebih dari 1 sendi, tetapi umumnya asimetri. Sendi yang terlibat tampak bengkak, hangat, kemerahan, dengan kulit di atasnya yang teregang.
  • Selama serangan akut, pasien mungkin agak demam dan ada peningkatan jelas LED dan CRP serum.
  • Lebih dari sekali mengalami serangan arthritis akut
  • Terjadi peradangan secara maksimal dalam satu hari
  • Oligoarthritis
  • Kemerahan di sekitar sendi yang meradang
  • Hiperuricemia (kadar asam urat dalam darah lebih dari 7,5 mg/dL)
  • Pembengkakan sendi secara asimetris (satu sisi tubuh saja).

Pencegahan

Untuk melakukan pencegahan terjadinya atau bertambah parahnya penyakit gout adalah dengan melakukan beberapa hal misalnya mengistirahatkan sendi yang sakit, dan menghindari makanan yang menjadi pantangan bagi penderita gout (asam urat). Adapun makanan yang menjadi pantangan bagi penderita gout (asam urat) dapat anda baca pada tulisan kami sebelumnya tentang "Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Perlu Dipertimbangkan".

Gout (Asam Urat)
Gout (Asam Urat)

Perhatian

Jika ditemukan penderita dengan keluhan sebagaimana yang disebutkan diatas, segera kunjungi tenaga kesehatan terdekat untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "Gout: Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Pencegahan"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel