Diet untuk Kesehata Jantung - MITRA KESMAS

Diet untuk Kesehata Jantung

Jantung merupakan organ vital tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Kesehatan jantung dapat dipengaruhi oleh makanan yang kita makan. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan jantung kita perlu memiliki pengetahuan tentang mankanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung kita.

Diet yang buruk dapat memicu penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol jahat tersebut dapat menjadi faktor resiko terjadinya penyakit jantung.

Walaupun sebenarnya kita tahu bahwa untuk menghindari berbagai makanan tidak sehat dan harus memilih makanan sehat adalah hal yang sulit untuk dilakukan sepanjang hidup kita. Namun paling tidak kita dapat meminimalisir sehingga dapat menurunkan berbagai resiko penyakit akibat tidak menjaga atau memilih makanan yang terbaik untuk tubuh kita khususnya untuk kesehatan jantung kita.

Penyakit Jantung
Penyakit Jantung

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita mencoba mempelajari beberapa hal terkait diet yang baik untuk kesehatan jantung. Berikut ini beberapa tips diet yang dapat dilakukan sehubungan dengan upaya menjaga kesehatan jantung atau mencegah terjadinya penyakit jantung:

Perbanyak Makan Ikan

Beberapa jenis ikan yang banyak memiliki kandungan omega 3 sangat baik untuk kesehatan jantung seperti ikan herring, sarden dan ikan salmon.

Selain ikan-ikan tersebut diatas, ikan-ikan lainnya juga cukup baik dikonsumsi untuk menyeimbangkan kolesterol ke tengkat yang lebih sehat.

Lemak dan Minyak yang sehat

Lemak jenuh yang banyak ditemukan dalam daging, mentega dan minyak kelapa akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung. Jika sebelumnya kita memiliki riwayat kolesterol yang tinggi, maka sebaiknya kita mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tersebut.

Selain berdasar pada tingkat kolesterol, kita juga sebaiknya mempertimbangkan berat badan ideal. Bila kita memiliki berat badan melebihi dari berat badan ideal, maka sebaiknya menghindari konsumsi makanan tinggi lemak jenuh tersebut. Beralihlah dengan mengkonsumsi makanan laut dan kacang-kacangan sebagai sumber protein utama.

Sebaliknya, lemak tak jenuh yang terkandung dalam minyak zaitun akan sangat baik untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu, sebagai pengganti penggunaan minyak kelapa dalam mengolah dan mempersiapkan menu, kita dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pilihan yang tepat.

Konsumsi Makanan Berserat

Serat yang terdapat pada makanan seperti gandum dan sayur-sayuran sangat membantu untuk mengontrol tingkat kolesterol dalam darah. Selain itu, gandum juga dapat membantu kontrol penyerapan gula. Serat juga sangat baik untuk pencernaan.

Pilih Karbohidrat, Hindari Gula
Sebagian orang memiliki kebiasaan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang banyak mengandung gula seperti permen, kue, dan beberapa jenis makanan sejenisnya. Walaupun dapat menghasilkan energi, namun hal ini dipastikan tidak baik untuk kesehatan jantung.

Sangat disarankan untuk menggantikan kebiasaan tersebut dengan mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat seperti roti gandum, nasi, buah dan sayuran. Hal ini jauh lebih baik untuk mengisi diet sehari-hari. Atur pola makan semaksimal mungkin dengan pola makan yang sehat demi mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat pula.

Pengolahan Makanan yang Sehat

Pengolahan makanan termasuk juga penggunaan bahan sebagai kelengkapan menu. Misalnya tumis yang biasanya menggunakan minyak kelapa dapat diganti dengan menggunakan minyak zaitun atau canola. Bila terpaksa harus menggunakan minyak kelapa, pilihlah minyak kelapa yang rendah kolesterol dan untuk penggorengan hanya bisa digunakan untuk satu kali penggorengan saja.

Pada pengolahan, ada banyak hal yang juga perlu diperhatikan. Misalnya menu untuk ikan yang biasanya digoreng dapat diganti dengan membakarnya atau kuah asam saja. Sayuran yang biasanya ditumis dapat diganti dengan hanya mengukusnya, selain menghindari penambahan bumbu yang banyak mengandung kolesterol, metode ini dapat mempertahankan kandungan nutrisi yang ada dalam sayuran. Jika memasak daging ayam, sebaiknya mengeluarkan kulitnya yang diketahui banyak mengandung lemak jenuh di dalamnya. Dan masih banyak metode lain yang cukup bermanfaat untuk kesehatan jantung.


Jika kita melakukan perubahan-perubahan kecil yang disebutkan diatas, maka tanpa kita sadari kita telah melakukan hal besar untuk kesehatan kita. Diet menjadi lebih sehat dan dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Kesehatan jantung adalah aset untuk hidup yang lebih berkualitas.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "Diet untuk Kesehata Jantung"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel