Jurusan Dan Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat

Jurusan Dan Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat - Jurusan kesehatan masyarakat masih menjadi salah satu Prodi yang menjadi incaran banyak orang. Hal itu karena prospek pekerjaan kesehatan masyarakat cukup banyak dan menarik. Namun, jangan khawatir jika Anda masih cukup baru dalam hal ini.

Pasalnya, kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda semua tentang jurusan yang satu ini dan bagaimana prospek kerjanya. Sebelum mengetahui lebih jauh prospek jurusan Kesehatan Masyarakat, coba jawab dulu pertanyaan di bawah ini ya:

Jelaskan pengertian dan perbedaan dari:

a. Kesehatan Masyarakat;

b. Kesehatan Perorangan.

Setelah menjawab pertanyaan tersebut, maka akan membantu Anda memahami tentang kesehatan masyarakat itu sendiri.

Kesehatan Masyarakat


Memahami Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan kesehatan masyarakat belajar tentang pendidikan kesehatan, standar keselamatan, wabah penyakit, dan banyak lainnya. Selama belajar di jurusan ini, Anda akan diberikan pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, ilmu yang satu ini juga bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Hal ini sesuai dengan pernyataan dari WorldWideLearn. Mereka menyatakan bahwa departemen ini memiliki tujuan untuk mempromosikan perilaku dan kebiasaan sehat pada individu, keluarga, dan masyarakat. Salah satu hal menarik dari jurusan yang satu ini adalah tidak hanya mempelajari ilmu kesehatan saja.

Namun, juga ilmu sosial karena nantinya Anda akan berhadapan langsung dengan masyarakat. Jadi, jika Anda benar-benar memiliki kepedulian yang besar terhadap masalah kesehatan dan suka mengedukasi masyarakat, maka jurusan ini cocok untuk Anda.

Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat

Seperti disebutkan di atas, jurusan kesehatan masyarakat memiliki prospek kerja yang luas. Berikut beberapa contoh prospek dari jurusan tersebut yang perlu diketahui.

Administrator Layanan Kesehatan Masyarakat

Prospek pekerjaan kesehatan masyarakat yang pertama adalah sebagai administrator perawatan kesehatan atau health care administrator. Pekerjaan yang satu ini cukup umum bagi lulusan jurusan kesehatan masyarakat. Untuk menjajal pekerjaan sebagai administrator, setidaknya Anda harus lulus S1 terlebih dahulu.

Namun, jika Anda melanjutkan studi hingga S2, tentunya ada peluang yang lebih baik untuk meningkatkan karier Anda di bidang ini. Tugas utama penyelenggara pelayanan kesehatan masyarakat adalah memastikan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga medis efektif dan berkualitas melalui sistim administrasi dan manajemen kesehatan.

Pekerjaannya juga mencakup menganalisis kondisi ekonomi lingkungan sekitar fasilitas kesehatan, dan berpartisipasi dalam perencanaan program kesehatan. Profesi ini umumnya bekerja di rumah sakit dan lembaga pemerintah lainnya.

Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Ilmu yang didapatkan selama kuliah di departemen kesehatan masyarakat memang memiliki cakupan yang luas karena banyak hal yang dipelajari. Itu sebabnya lulusan ilmu kesehatan masyarakat juga bisa berkarir di bidang K3 atau Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Setiap perusahaan pasti menerapkan K3 agar lapangan kerja yang tersedia cukup aman dan nyaman bagi pekerja sehingga memberikan efektivitas kerja bagi para pegawainya. Tugas profesi ini adalah merancang sistem dan prosedur agar pekerja terhindar dari penyakit akibat kerja atau kecelakaan kerja saat bekerja.

Selain itu, mereka juga bertugas untuk mengevaluasi kebijakan dan program keselamatan di perusahaan. Tidak hanya itu, jika Anda bekerja sebagai staf K3, Anda juga harus bisa mengidentifikasi potensi bahaya, serta menginvestigasi insiden yang terjadi di perusahaan.

Biostatistician

Pernahkah Anda mendengar tentang profesi ini? Biostatistician menerapkan matematika, statistik, dan data ke biologi menurut Career Explorer. Saat Anda menjadi Biostatistician, Anda akan banyak bekerja dengan data. Dimulai dari pengumpulan data di lapangan, kemudian dianalisis untuk kegiatan pembangunan di bidang kesehatan.

Bagi Anda yang suka bekerja di laboratorium dan tidak keberatan melakukan analisis dalam waktu lama, maka prospek pekerjaan kesehatan masyarakat ini cocok untuk Anda. Instansi pemerintah, perusahaan di bidang farmasi, dan tentunya rumah sakit akan menjadi lokasi karier para Biostatistician.

Epidemiolog Kesehatan

Epidemiolog kesehatan adalah petugas kesehatan yang memiliki tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh untuk melakukan kegiatan pengumpulan data, pengolahan data, analisa dan interupsi, melakukan penyelidikan epidemiologi untuk tindakan pengamatan penanggulangan penyebaran/penularan penyakit dan faktor-faktor yang sangat berpengaruh.

Sepintas Epidemiolog mirip Biostatistician, namun pada hakekatnya berbeda. Biostatiscian lebih pada analisa data secara mendalam sedangkan Epidemiolog lebih pada analisa kasus yang terjadi di lapangan.

Promotor Kesehatan

Promotor Kesehatan merupakan petugas yang melaksanakan kegiatan promosi kesehatan, meliputi:

  • Penyusunan rencana Pelaksanaan kegiatan promosi kesehatan;
  • Pelaksanaan advokasi; 
  • Pelaksanaan KIE;
  • Pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat; 
  • Penggalangan Kemitraan;
  • Pengembangan Pendekatan Promosi Kesehatan; dan
  • Pengembangan Profesi.

Demikian ulasan tentang Memahami Jurusan Dan Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال