5 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Tubuh

Daun seledri (Apium graveolens L.) tentunya tidak asing lagi bagi kita semua, terutama para ibu-ibu, karena daun ini sering digunakan sebagai bumbu masakan atau hiasan hidangan.

Selain rasanya yang khas, ternyata daun seledri memiliki manfaat untuk kesehatan. Walaupun mungkin beberapa penggunanya tidak menyadari akan manfaat tersebut.

Ada juga mereka yang masih ragu untuk menggunakan daun seledri terkait pertanyaan apakah memiliki manfaat untuk kesehatan atau tidak.

Manfaat Daun Seledri

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini kami memberikan informasi terkait manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Nutrisi

Daun seledri mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam pertumbuhan dan perkembangannya maupun dalam mempertahankan vitalitas tubuh.

Kandungan nutrisi tersebut meliputi Vitamin C, Vitamin K, Vitamin A, folat, kalium, kalsium, zat besi dan lain-lain.

Dengan mengonsumsi daun seledri, paling tidak kita telah menambah nutrisi yang dibutuhkan tubuh sebagaimana yang disebutkan di atas.

2. Sumber Serat

Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pencernaan. Dengan memenuhi kebutuhan serat tubuh akan mencegah terjadinya sembelit kanker usus dan lain-lain.

3. Sumber Anti Oksidan

Vitamin C yang terkandung dalam daun seledri berfungsi sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

4. Anti inflamasi

Daun seledri ternyata dapat berfungsi sebagai anti inflamasi yang mencegah terjadinya peradangan, misalnya peradangan pada persendian. Dapat pula mengurangi nyeri pada otot, dan lain-lain.

5. Mencegah Penyakit Kardiovasikular

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan yang terdapat pada daun seledri membantu kerja jantung dan pembuluh darah, sehingga fungsinya lebih optimal dan terjaga kesehatannya.

Walaupun daun seledri diyakini memiliki beberapa manfaat sebagaimana yang disebutkan di atas, namun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan atau menguatkan asumsi-asumsi tersebut.

Jangan lupa untuk memperhatikan cara penggunaan yang wajar dan bila ada keluhan penyakit dan sedang mengonsumsi obat untuk penyakit tertentu, sebaiknya konsultasi dengan tenaga medis.

Itulah informasi yang dapat kami bagikan, bila ingin melihat manfaat daun seledri melalui video, silakan nonton pada Chanel Youtube Mitra Kesmas yang berjudul 5 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Tubuh.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال