Pentingnya Pelayanan Promotif dan Preventif dalam Kesehatan Masyarakat

Pentingnya Pelayanan Promotif Dan Preventif Dalam Kesehatan Masyarakat - Tenaga kesehatan masyarakat merupakan bagian dari sumber daya manusia yang perannya sangat penting dalam pembangunan kesehatan dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN).

Pembangunan kesehatan dengan paradigma sehat merupakan upaya untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memelihara kesehatan, melalui peningkatan kesadaran akan pentingnya Pelayanan Promotif Dan Preventif dalam kesehatan masyarakat.

Promotif dan Preventif
Promotif dan Preventif

1. Pelayanan Promotif

Untuk meningkatkan kemandirian dan peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan, perlu dilakukan program penyuluhan dan sosialisasi masyarakat secara berjenjang dan berkesinambungan, sehingga tercapai tingkat kemandirian masyarakat dalam pembangunan kesehatan.

Program promotif membutuhkan tenaga Kesehatan Masyarakat yang handal, terutama yang berspesialisasi dalam penyuluhan dan pendidikan.

2. Pelayanan Preventif

Untuk menjamin terselenggaranya pelayanan ini, diperlukan tenaga Kesehatan Masyarakat yang memahami epidemiologi penyakit, cara dan metode pencegahan, serta pengendalian penyakit. Program ini merupakan salah satu bidang bagi tenaga Kesehatan Masyarakat dalam pembangunan kesehatan. Keterlibatan Kesehatan Masyarakat dalam bidang pencegahan dan pengendalian memerlukan penguasaan teknik lingkungan dan pemberantasan penyakit.

Tenaga kesehatan juga dapat berperan dalam bidang kuratif apabila mau dan mampu belajar serta meningkatkan kemampuannya dalam bidang tersebut. Lulusan FKM-Fakultas Kesehatan Masyarakat difokuskan pada Dinas Kesehatan dan Puskesmas, pergeseran ini membuat cakupan pekerjaan lulusan fakultas kemasyarakatan semakin luas, mengingat prospek bidang lain yang juga membutuhkan lulusan FKM.

Di antara prospek bidang lain yang masih membutuhkan lulusan sarjana kesehatan masyarakat adalah seperti:

Bidang Manajemen Kesehatan:

Manajer Rumah Sakit, Manajer Rekam Medis, Manajer Pemasaran Rumah Sakit, Manajer Asuransi Kesehatan, Asuransi, Keuangan, Manajer Perusahaan Farmasi, Pemasaran laboratorium dan alat kesehatan, Puskesmas, Dinas Kesehatan dan organisasi sosial/nirlaba dan organisasi di bidang publik kesehatan.

Bidang Kesehatan Lingkungan:

Pengelola lingkungan RS, Konsultan limbah, Konsultan Amdal-Analisa Dampak Lingkungan, Pengelola QHSE dan Pengelola K3L di berbagai perusahaan: Cevron, Free port, Tangguh LNG, Newmont, Pertamina, PLN, Jasa Konstruksi, Tekstil, Telkom dll. 

Pengawas Quality control di Perusahaan Makanan dan Minuman : Sosro, Coca-Cola, Aqua, Katering, Sanitarian di Hotel dan Restoran, Manajer HACCP di Restoran, Laboratorium Kesehatan Masyarakat, Puskesmas, Dinas Kesehatan, Bapedal, Labkesda, Pengusaha: Bisnis Katering, Pengendalian Hama, Amdal Konsultan dan Lembaga Pengelola lingkungan lainnya.

Bidang Gizi Kesehatan Masyarakat:

sebagai Manager Quality control di perusahaan Food and Beverages, Restoran dan rumah makan, supervisor HACCP di berbagai perusahaan : restoran, hotel, supermarket, food supplier, konsultan nutrisi, catering.

Bidang Promosi Kesehatan Masyarakat: sebagai ahli atau manajer manajemen dalam mensosialisasikan/mempromosikan kesehatan di masyarakat seperti: Puskesmas, Dinas Kesehatan, asuransi kesehatan, rumah sakit, gizi masyarakat, kesehatan lingkungan dan lembaga CSR perusahaan/lembaga pemerintah dan swasta .

Bidang Biostatistik dan Epidemiologi:

Tim Survei dan Analisis Dinas Kesehatan, Tim Statistik atau ahli (Rumah Sakit, Puskesmas, Balai Penelitian/Penelitian Kesehatan Masyarakat), Ahli atau Manajemen dan tim teknis (Lembaga Survei Indonesia, BPS, Bapenas, Bapeda, BKKBN dan lembaga sosial lainnya).

Kesehatan masyarakat adalah bidang yang menarik dan berkembang. Tantangan bagi para profesional di bidang ini adalah untuk mengatasi masalah kesehatan yang kompleks, seperti meningkatkan akses ke perawatan kesehatan, mengendalikan penyakit menular, dan mengurangi kerusakan lingkungan, kekerasan, penyalahgunaan zat, dan cedera.

Kesehatan masyarakat adalah bidang yang diarahkan untuk melayani orang lain. Profesional melayani kesehatan masyarakat lokal, nasional, dan juga masyarakat internasional. Mereka adalah pemimpin yang menghadapi tantangan menarik untuk melindungi kesehatan masyarakat saat ini dan di masa depan.

Demikian ulasan tentang Pentingnya Pelayanan Promotif Dan Preventif Dalam Kesehatan Masyarakat semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال